Alexa Metrics

Pemerintah Ngebut Selesaikan Vaksin COVID-19

Pemerintah Ngebut Selesaikan Vaksin COVID-19

Indopos.co.id-Presiden Joko Widodo ingin mempercepat penyelesaian vaksin COVID-19. Untuk itu, pemerintah membentuk Tim Nasional Percepatan Pengembangan Vaksin Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dengan Ketua Tim Pengarah adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Sususnan Timnas Vaksin COVID-19 tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 18 tahun 2020 yang ditetapkan pada 3 September 2020. Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Selasa. menyatakan dengan masa kerja yang singkat tim tersebut harus betul-betul dapat bersinergi.

“Seluruh komponen harus dapat bekerja dan mensinergikan waktu yang tidak panjang dan betul-betul harus menyelesaikan tugas pada akhir 2021,” ucapnya.

Tim Pengembangan Vaksin COVID-19 memiliki 4 tujuan yaitu 1. Melakukan percepatan pengembangan vaksin COVID-19 di Indonesia, 2. Mewujudkan ketahanan nasional dan kemandirian bangsa dalam pengembangan vaksin COVID-l9, 3. Meningkatkan sinergi penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta invensi dan inovasi, produksi, distribusi, dan penggunaan dan/atau pemanfaatan vaksin COVID-19 antara pemerintah dengan kelembagaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta sumber daya ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pengembangan vaksin COVID-l9,  dan 4. Melakukan penyiapan, pendayagunaan dan peningkatan kapasitas, serta kemampuan nasional dalam pengembangan vaksin COVID- 19. (fol)



Apa Pendapatmu?