Alexa Metrics

Jumlah Nasabah BPD Naik 7,06 Persen

Jumlah Nasabah BPD Naik 7,06 Persen BERUNTUNG-Direktur Eksekutif Asbanda Wimran Ismaun berbincang dengan para pemenang undian. Foto DOK INDOPOS

indopos.co.id – Di tengah ketidakpastian ekonomi saat ini, Bank Pembangunan Daerah (BPD) membuktikan masih mampu menghimpun dana masyarakat. Mereka menghimpun dana nasabah dari Aceh sampai Papua.

“BPD yang paling banyak menghimpun Tabungan Simpeda sejak lebih dari 10 tahun terakhir, yaitu Bank Jatim. Sampai dengan posisi Juni 2020 telah menghimpun Simpeda sebanyak Rp13,44 triliun atau sebesar 23,96 persen dari Tabungan Simpeda Nasional,” jelas Ketua Umum Asbanda yang juga Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno dalam keterangannya, Selasa (8/9/2020).

Di tengah-tengah situasi yang belum benar-benar pulih, pihaknya tetap melaksanakan Penarikan Undian Nasional Tabungan Simpeda BPDSI. Sebagai bentuk perhatian kepada para nasabah yang masih loyal menabung di Simpeda.
“Semula, pelaksanaan undian nasional Tabungan Simpeda BPDSI semula direncanakan di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Namun karena saat ini masih belum memungkinkan untuk dilaksanakan di daerah, maka Komite Pelaksana Undian Simpeda BPDSI memutuskan untuk tetap dilaksanakan namun secara daring dan dilaksanakan di Kantor Asbanda di Jakarta,” paparnya.

Pada penarikan undian Simpeda periode ke-1 Tahun XXXI-2020 di Jakarta kali ini, jumlah penabung sampai dengan akhir Juni 2020 berjumlah 7.209.314 nasabah dengan jumlah saldo Simpeda sebesar Rp56,10 triliun. Apabila dilihat dari penarikan undian Simpeda Agustus 2019, dari sisi penabung terjadi kenaikan sebesar 7,06 persen atau naik sebanyak 475.654 penabung.

Sedangkan saldo Simpeda meningkat 2,32 persen atau naik sebesar Rp1,27 triliun. Undian nasional Tabungan Simpeda yang dikemas dalam tajuk “Panen Rejeki” menyuguhkan total hadiah sebesar Rp3 Miliar untuk 584 nasabah se-Indonesia.

Pemenang hadiah utama sebesar Rp500 juta dimenangkan oleh nasabah Bank Kalsel. Kemudian hadiah kedua masing-masing Rp100 juta untuk 4 pemenang dimenangkan oleh nasabah Bank BPD Bali, Bank DKI, Bank BPD DIY, dan Bank Nagari. (vit)



Apa Pendapatmu?