Alexa Metrics

Ini Besaran Biaya Tenaga Profesional Penanggulangan COVID-19

Ini Besaran Biaya Tenaga Profesional Penanggulangan COVID-19 Dokter memeriksa kesehatan gigi pasien di Puskesmas Kecamatan Palmerah, Jakarta, Kamis (13/6/2020). (Foto: ANTARA)
indopos.co.id – Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyebut bahwa anggaran tenaga profesional penanggulangan COVID-19 bersumber dari APBD. Hal itu mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan No. 392/2020. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti di Jakarta, Selasa (8/9/2020).
Rinciannya, dokter spesialis sebesar Rp15 juta per bulan, dokter umum sebesar Rp10 juta per bulan, perawat sebesar Rp7,5 per bulan, tenaga penunjang Rp5 juta per bulan, serta biaya penunjang lainnya sebesar Rp4,2 juta per bulan.
Widyastuti mengatakan, dari 4.859 peserta yang mengikuti seleksi tenaga kesehatan, sebanyak 1.173 orang telah dinyatakan lolos seleksi. Sebanyak 655 orang telah hadir di Jakarta dan melakukan registrasi, sementara sebagian lainnya akan menyusul kemudian.
“Mereka terdiri dari dokter paru-paru, penyakit dalam, anestesi, dokter anak, spesialis obgyn, dokter umum, perawat, bidan, radiografer, ahli teknologi laboratorium medik, surveilans, hingga penyuluh kesehatan,” ungkap dia.
Adapun para tenaga medis tersebut direncanakan akan ditempatkan di setiap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Jakarta, UPT Labkesda, Puskesmas, serta di Dinas Kesehatan DKI. “Sebagian di RS Swasta dan BUMN yang mengajukan ke DKI,” tambah Widyastuti.
Ribuan tenaga profesional itu sebagian kecil berasal dari Pulau Jawa. Sebagian besar berasal dari Sumut, Sumbar, Riau, Lampung, Bengkulu, NTT, NTB, bahkan ada yang dari Papua. (ant)



Apa Pendapatmu?