Alexa Metrics

UI Terapkan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Tahun Ajaran Baru

UI Terapkan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Tahun Ajaran Baru Ilustrasi mahasiswa Universitas Indonesia. (Foto: IST)

indopos.co.id – Universitas Indonesia (UI) menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) sejak Maret 2020 lalu akibat pandemi COVID-19. Pada semester baru yang akan dimulai 14 September 2020, pilihannya tetap sama karena situasi pandemi belum berlalu.

Metode pembelajaran jarak jauh (daring) tetap diutamakan dan diterapkan untuk kegiatan belajar mengajar dalam bentuk kuliah. Sedangkan kegiatan belajar mengajar dalam bentuk praktikum, baik praktik laboratorium, praktik klinik, praktik di industri, dan praktik di berbagai institusi, pada saat ini masih belum dapat diselenggarakan.

”Pelaksanaan kegiatan praktik masih menunggu perkembangan wabah COVID-19 dan arahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selain itu, kegiatan praktik dilaksanakan setelah terlebih dahulu memastikan bahwa tempat-tempat praktik menerapkan upaya pencegahan penularan infeksi COVID-19,” kata dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D, Sekretaris Universitas Indonesia, Selasa (08/09/2020).

Agustin mengatakan, bagi mahasiswa baru angkatan 2020, kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru UI (PKKMB) akan berlangsung secara virtual mulai 7 September – 11 September 2020. Pembukaan kegiatan PKKMB dapat diakses pada laman ttp://bit.ly/PembukaanPKKMBUI2020.

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, S. E, M.A, Ph.D menyampaikan selamat datang dan bergabung di kampus yang menjadi impian anak-anak Indonesia. Salah satu harapan anda semua kini sudah terwujud. Bukan hanya dengan tekad dan keyakinan, tetapi anda sudah membuktikan usaha dan upaya yang kuat dan benar. ”Kami harap mimpi anda jangan berhenti sampai masuk UI saja, melainkan anda harus mempersiapkan diri untuk bisa menjadi SDM yang unggul dan bermanfaat bagi nusa dan bangsa, ” pesan Ari.

Seperti diketahui, mahasiswa UI yang telah menuntaskan perkuliahannya, telah dapat mendaftarkan diri pada kegiatan Wisuda Online UI 2020. Pelaksanaan wisuda akan dilakukan secara daring pada 16 – 17 Oktober 2020. Pendaftaran wisuda dilakukan mulai 3 – 15 September 2020, secara daring pada laman ui.id/wisuda. (dni)



Apa Pendapatmu?