Alexa Metrics

Gempa Magnitudo 5,4 Guncang Melonguane

Gempa Magnitudo 5,4 Guncang Melonguane Ilustrasi gempa bumi. Dok INDOPOS

indopos.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), mencatat pada hari Rabu, (9/9/2020) pukul 10.41.21 WIB wilayah Melonguane diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo Mw=5,5.

“Episenter gempabumi terletak pada koordinat 4,06 LU dan 126,75 BT. Atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 8 km arah Timur Laut Kota Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada kedalaman 57 kilometer (km),” jelas Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (9/9/2020).

Lebih lanjut dia menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal. Hal itu akibat aktivitas subduksi lempeng Laut Maluku.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” jelas Rahmat.

Dia menjelaskan, guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Melonguane III-IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” pungkasnya. (dai)



Apa Pendapatmu?