Alexa Metrics

Tunggu Keputusan Koeman Pakai Daun Muda

Tunggu Keputusan Koeman Pakai Daun Muda Ansu Fati

indopos.co.id – Ansu Fati adalah pemain muda terbaik di sepak bola Spanyol. Pemain berusia 17 tahun itu menjadi pencetak gol termuda tim nasional Spanyol ketika melawan Ukraina pada Minggu malam lalu.

Kini, tugas internasional senior pertamanya sudah selesai. Penyerang ABG itu kembali ke Barcelona. Ia siap-siap memulai musim baru. Klub Catalan yakin kontrak Ansu Fati akan diperpanjang secara otomatis dengan klausul rilis baru sebesar 400 juta euro saat pelatih memberinya nomor punggung di tim utama.

Ini akan menjadi bab terbaru dalam karir Fati. Kenaikan meteorik remaja di Camp Nou setelah musim yang mengesankan di bawah Ernesto Valverde dan Quique Setien. Di pengujung musim lalu, Setien sempat menahan diri. Ia tidak memberi Ansu Fati terlalu banyak menit bermain  saat melawan Napoli atau Bayern Munich.

Kini September tiba, di bawah arahan Ronald Koeman, apakah anak muda ini sudah mendapat tempat di starting line up atau harus tetap menghangatkan diri cukup lama di bangku cadangan.

Meskipun Luis Suarez nampaknya menuju Juventus, masih ada Lionel Messi, Antoine Griezmann, Ousmane Dembele, Philippe Coutinho, dan Martin Braithwaite. Fati harus bersaing dengan mereka yang lebih senior. Ada juga spekulasi bahwa Memphis Depay atau Lautaro Martinez bergabung ke Camp Nou. “Saya akan terus bekerja dan boslah yang memutuskan siapa yang bermain. Saya akan berlatih sepenuhnya dan jika ada kesempatan, saya akan mencoba memanfaatkannya sebaik mungkin,’’ kata Ansu Fati di Barcelona seperti dikutip Marca, Selasa (8/9).

Sekarang masalah Lionel Messi terselesaikan – setidaknya untuk saat ini – Barcelona dapat berkonsentrasi menyempurnakan skuad mereka untuk musim baru. Catalan memprioritaskan striker dan bek tengah di bursa transfer musim panas ini.

Itu karena klub telah akan menurunkan sejumlah besar pemain mereka sendiri terlebih dahulu. Target utama Barcelona untuk jendela transfer ini adalah, dan masih, Lautaro Martinez. Martinez sebetulnya sudah memberi tahu Inter tentang keinginannya untuk bermain di Camp Nou, tetapi klub Italia tidak bersedia menerima tawaran yang lebih rendah dari 111 juta euro. Barcelona tidak menyerah, tetapi mereka mempertimbangkan opsi lain jika Lautaro bertahan di Milan.

Prioritas lain Barcelona musim panas ini adalah mendatangkan bek tengah. Barca yakin bisa menemukan jalan keluar untuk Samuel Umtiti dan Jean-Clair Todibo. Prioritas ini praktis sulit dilakukan karena Barca kesulitan menemukan kata sepakat dengan Eric Garcia dari Manchester City.

Koeman, sementara itu, tidak khawatir menggunakan pemain lain seperti Junior Firpo sebagai bek tengah sementara. Itulah satu-satunya opsi jika Koeman membutuhkan cadangan untuk Gerard Pique dan Clement Lenglet.

Koeman juga ingin membawa Georginio Wijnaldum ke Camp Nou. Gelandang itu dihargai 15 juta euro oleh Liverpool, tetapi Barcelona tidak mau buru-buru  Klub Catalan masih memiliki banyak stok di lini tengah, seperti Sergio Busquets, Frenkie de Jong, Miralem Pjanic, Sergi Roberto, Carles Alena, Riqui Puig, dan Matheus Fernandes.

Lantas, bagaimana prospek Ansu Fati dalam starting line up. Koeman masih belum memutuskan apakah sudah saatnya Fati mendapatkan peran utama atau bersama menunggu sebagai sekondan seperti yang diberlakukan dua pelatih terdahulu. Itu yang kita tunggu. (*)



Apa Pendapatmu?