Alexa Metrics

Cianjur Kembangkan Wisata Air Terjun

Cianjur Kembangkan Wisata Air Terjun Curug Ngebul di Kecamatan Pagelaran, Cianjur, Jawa Barat. (Foto: ANTARA)

indopos.co.idPemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, Jawa Barat mengembangkan obyek wisata air terjun yang tersebar di sejumlah kecamatan di wilayah utara hingga selatan untuk menjadi destinasi kunjungan wisata baru.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Cianjur, Yudi Ferdinan pada Rabu (9/9), mengatakan bahwa pengembangan tersebut termasuk membangun sarana dan prasarana serta fasilitas penunjang infrastruktur yang layak untuk dilalui kendaraan wisatawan.

Selain itu, terkait penataan dan pengembangan tempat wisata di bawah pengelolaan pemkab pun akan mendapat perhatian yang sama sebagai upaya meningatkan kembali perekonomian bidang pariwisata menghadapi adaptasi kebiasaan baru dan new normal.

“Untuk pembinaan bagi pengelola tempat wisata baru di Cianjur, sudah kami lakukan sejak jauh hari terutama untuk kelompok penggerak pariwisata yang sudah mengelola dan menata obyek wisata air terjun agar layak dan nyaman saat dikunjungi wisatawan,” ungkapnya.

Yudi menjelaskan, bahkan pihaknya akan segera mempromosikan obyek wisata baru air terjun yang sudah mendapat rekomendasi dan segera mendapat bantuan pengembangan dari Pemprov Jabar dan Pemkab Cianjur dalam waktu dekat seperti Curug Citambir di Kecamatan Pasirkuda, Curug Cikondang di Kecamatan Campaka dan Curug Ngebul di Kecamatan Pagelaran.

Obyek wisata air terjun yang sebagian besar terletak di wilayah selatan itu, sudah banyak dikunjungi wisatawan baik dalam dan luar negeri. Termasuk beberapa air terjun lainnya di Kecamatan Sukanagara, Kadupandak, Tanggeung hingga kecamatan Naringgul.

“Bahkan tagline ‘kabupaten sejuta curug’ akan kami sisipkan dalam promosi wisata ke depan karena masih banyak obyek wisata air terjun yang menunggu untuk dikembangkan dan dipromosikan di Cianjur dengan nilai jual yang tidak kalah dengan air terjun yang sudah dikenal kalangan luas,” jelasnya.

Ia menuturkan bahwa untuk penataan dalam waktu dekat juga akan dilakukan di obyek wisata pantai dan waduk yang masuk dalam pengelolaan pemerintah daerah seperti Jayanti, Sereg dan Apra serta waduk Jangari dan Cirata yang banyak dikunjungi wisatawan asing pada bulan-bulan tertentu.

“Untuk menggenjot kembali angka kunjungan ke Cianjur, kami akan membangun sarana dan prasarana penunjang agar wisatawan dapat menghabiskan waktu berlama-lama di Cianjur,” tambahnya. (ant)



Apa Pendapatmu?