Alexa Metrics

Sudah Lama Pengrajin di Bekasi Tidak Lagi Jual Ondel-ondel ke Pengamen

Sudah Lama Pengrajin di Bekasi Tidak Lagi Jual Ondel-ondel ke Pengamen Pengrajin ondel-ondel di Sanggar Irma Irama Kranji Bekasi Barat. Foto: Deny Iskandar/INDOPOS

indopos.co.id – Sejumlah pengrajin produk budaya di Kota Bekasi sudah lama tak menjual produknya ke para pengamen ondel-ondel. Pasalnya, mereka enggan nilai budaya turun karena dipakai mengamen.

“Saya sudah tidak melayani orderan untuk pembuatan ondel-ondel mengamen,” kata Dede Syahroni, pengrajin dari Sanggar Irma Irama Kota Bekasi, Kamis (10/9/2020).

Dede menambahkan, saat ini usahanya hanya melayani pesanan dari instansi-instansi. Biasanya pesanan itu untuk dipamerkan dalam even besar. “Biasanya kita dapat order dari instansi pemerintah atau perorangan yang membuat acara kebudayaan,” jelasnya.

Sejauh ini, dia mengaku, sudah mengetahui adanya larangan pengamen ondel-ondel. Seperti yang ada di DKI Jakarta. “Kalau Jakarta sudah lama dilarang, kalau di Kota Bekasi saya belum tahu yah,” jelasnya.

Sebelumnya, kehadiran pengamen ondel-ondel di Kota Bekasi disoal. Bahkan, pemerintah daerah bakal melarang para pengamen memanfaatkan ondel-ondel untuk mencari duit.

“Kalau ondel-ondel itu dijadikan ajang manfaat untuk mencari uang dengan mengamen maka kami akan larang,” kata Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, Kamis (10/9/2020).(dny)



Apa Pendapatmu?