Alexa Metrics

Minimalisir Risiko Ibu Hamil di Kabupaten Bogor, RST DD Giatkan Pembinaan Kepada Bidan Poned

Minimalisir Risiko Ibu Hamil di Kabupaten Bogor, RST DD Giatkan Pembinaan Kepada Bidan Poned dd

indopos.co.id – Rumah Sakit Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa (RST) turut mendukung kegiatan Dinas Kesehatan dalam pembinaan bidan poned (Pelayanan Obstetri Neonatus Esensial Dasar) di Puskesmas yang berada di daerah Kabupaten Bogor. Dian Ramdiani selaku Pelaksana Seksi Kesda Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan Kabupaten Bogor menuturkan kegiatan ini meliputi pemeriksaan ibu hamil beresiko tinggi dan transfer pengetahuan kepada para bidan.

Menurut Dian kegiatan yang baru kembali dilakukan saat pandemi ini sedikitnya memeriksa sepuluh ibu hamil yang memerlukan layanan USG. Dian menambahkan kegiatan tersebut sangat membantu bidan puskesmas dalam tata laksana pasien gawat darurat, pasien rujuk dan membantu menurunkan angka kesakitan dan kematian ibu hamil di Kabupaten Bogor.

“Di sini kita periksa sepuluh ibu hamil resiko tinggi dan setelah pemeriksaan akan ada transfer pengetahuan ke para bidan,” ujar Dian Kamis, (10/9/2020).

Minimalisir Risiko Ibu Hamil di Kabupaten Bogor, RST DD Giatkan Pembinaan Kepada Bidan Poned

Kali ini kegiatan pembinaan tersebut dilaksanakan oleh dokter spesialis kandungan dan kebidanan RST http://www.dompetdhuafa.org/id/berita/detail/RST-Sosialisasikan-Bahaya-TBC dr Mairunzi Sp. OG bersama belasan bidan di Puskesmas Tajur Halang, Kabupaten Bogor. Ada empat puskesmas yang dibina RST melalui program dari Dinas Kesehatan khusus kebidanan dan kandungan, ke empat puskesmas tersebut yakni Puskesmas Tajur Halang, Ciseeng, Parung dan Kemuning.

Menurut Mairunzi kegiatan ini juga bertujuan untuk memudahkan akses guna merujuk pasien agar lebih cepat tertangani di Rumah Sakit.

“Transfer pengetahuan yang kami berikan kepada bidan poned meliputi konseling untuk memudahkan akses pasien bila harus dirujuk,” Mairunzi.(mdo)



Apa Pendapatmu?