Alexa Metrics

Pandemi, Situs Kesehatan Justru Terpuruk

Pandemi, Situs Kesehatan Justru Terpuruk Terjun – Grafik kunjungan warganet pada situs kesehatan sejak Februari-Agustus 2020 cenderung turun. Foto: Istimewa

indopos.co.id – Hasil Riset Lifepal.co.id pada Kamis (10/9/2020) pada situs-situs kesehatan justru menunjukkan tren penurunan kunjungan selama pandemic COVID-19. Situs-situs yang dimaksud adalah yang dijadikan sampel menawarkan berbagai jasa, dari jasa konsultasi dokter via online, pemesanan obat-obatan, penebusan resep dan pengiriman obat, hingga artikel-artikel berisi informasi kesehatan dan penyakit.

Puncak kunjungan terlihat pada Maret, tepat pada saat ditemukannya kasus positif COVID-19 pertama di Indonesia. Namun setelah itu, kunjungan ke situs-situs tersebut terus menurun. Hal ini menunjukkan, minat dan kebutuhan masyarakat akan layanan-layanan tersebut memang cenderung stagnan di masa pandemi.

Data menunjukkan, kunjungan ke situs-situs kesehatan hanya meningkat saat awal Pandemi COVID-19, dan semakin berkurang antusiasnya. Hal ini sejalan dengan volume pencarian dengan kata kunci “corona” yang hanya memuncak di bulan Maret 2020.

Lima situs kesehatan yang diambil data trafficnya sebagai sampel adalah Alodokter.com, Doktersehat.com, Klikdokter.com, Halodoc.com, Hellosehat.com, SehatQ.com.(dni)



Apa Pendapatmu?