Kunjungan ke Situs Lowongan Kerja dan Media Daring Merosot

indopos.co.id – Pandemi COVID-19 juga menyebabkan puluhan ribu perusahaan terpaksa melakukan PHK (pemutusan hubungan kerja) atau merumahkan karyawannya. Hingga 31 Juli 2020, menurut Kementerian Ketenagakerjaan, jumlah pekerja yang terkena PHK maupun dirumahkan mencapai lebih dari 3,5 juta orang.

Logika sederhana membawa kita pada dugaan bahwa semakin banyak orang yang membutuhkan pekerjaan, maka semakin tinggi pula minat orang untuk mencari kerja dari sumber-sumber informasi lowongan pekerjaan. Situs-situs lowongan pekerjaan adalah sumber yang dapat memberikan informasi semacam itu.

Baca Juga :

Tiga ASN di Kabupaten Bekasi Positif COVID-19

Hasil Riset Lifepal.co.id pada Kamis (10/9/2020), menunjukan kunjungan ke situs situs lowongan pekerjaan Indonesia justru tercatat menurun cukup dalam pada April hingga Mei 2020.

Patut diduga, kondisi perekonomian yang tak menentu membuat orang ragu untuk mencari pekerjaan baru. Di sisi lain, tingginya angka pekerja yang terdampak COVID-19 tidak lantas membuat kunjungan ke situs pencarian kerja meningkat, melihat lebih besarnya jumlah karyawan yang dirumahkan ketimbang yang mengalami PHK.

Baca Juga :

Pemerintah Perkuat Upaya Penanganan COVID-19

Namun, pemulihan traffic terjadi mulai bulan Juni, dan terus meningkat, meskipun tipis, pada bulan Juli dan Agustus. Hal ini tentunya tak lepas dari berbagai pelonggaran PSBB yang dilakukan sejak Juni lalu. Lima situs pencari kerja yang dijadikan sampel adalah Id.Indeed.com, Jobstreet.co.id, JobsDB.com, Urbanhire.com dan Karir.com.

Sementara itu, kebutuhan masyarakat akan berita tampaknya juga meningkat secara signifikan di awal masa pandemi COVID-19. Tapi berdasarkan data di atas, setelah bulan maret 2020, traffic website berita terus turun.

Baca Juga :

Tercatat dari puncak tertingginya pada Maret 2020 sampai Agustus, terlihat traffic sudah turun sampai sekitar 33.4 persen. Lifepal menggunakan data traffic dari lima website berita sebagai sampel, yakni Detik.com, Tribunnews.com, Kompas.com, Liputan6.com dan Suara.com.(dni)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.