Alexa Metrics

Bantaran Saluran RW 11 Pademangan Timur Segera Disulap Jadi Zona Hijau

Bantaran Saluran RW 11 Pademangan Timur Segera Disulap Jadi Zona Hijau DITATA – Petugas tengah mengeceh ke Bantaran Saluran RW 11 Pademangan Timur yang rencana disulap jadi zona hijau, Kamis (10/09/2020). Foto: Ikbal/indopos

indopos.co.id – Bantaran saluran di Jalan Trembesi serta Jalan Damar RW 11 Kelurahan Pademangan Timur, Pademangan, Jakarta Utara yang selama ini terlihat kumuh dan tidak tertata rapi akan ‘disulap’ menjadi zona hijau. Penataan ini bertujuan untuk mengembalikan ke fungsi saluran air yang selama ini diokupasi pedagang kaki lima (PKL).

Lurah Pademangan Timur, Pademangan, Jakarta Utara, Bambang Mulyanto mengatakan penataan bantaran saluran ini dilakukan dengan membenahi bangunan liar milik PKL yang berada atas saluran air.

Dalam penataan itu, pihaknya menerjunkan 67 personel gabungan yang terdiri dari Satpol PP, TNI-Polri, Kecamatan Pademangan, Kelurahan Pademangan Timur dan unsur masyarakat.  ”Ini merupakan langkah awal penataan. Dimulai dari menata bangunan PKL yang berada di atas saluran air,” tutur Bambang, Kamis (10/9/2020).

Sebelum melakukan penataan, kata Bambang, pihaknya akan dialog bersama para pemilik bangunan telah mencapai kesepakatan. Para PKL sepakat untuk direlokasi ke tempat usaha yang sesuai zonanya.

“Kita sedang berkomunikasi dengan PPK (Pusat Pengelolaan Komplek) Kemayoran untuk mencari tempat relokasi PKL ini. Ke depan kita berharap mereka bisa naik kelas berjualan di lokasi baru,” tandasnya.

Sehingga terhadap saluran air tersebut, katanya, dipastikan penataan segera dikerjakan. Mengingat saat ini sudah memasuki kalender musim penghujan. Petugas gabungan berkolaborasi dengan unsur masyarakat menata. ”Tahap selanjutnya kami akan lakukan pengurasan saluran air. Kedepannya kami coba menatata agar kawasan menjadi lebih bersih dan hijau sesuai zonanya (zona hijau),” tukasnya. (ibl)



Apa Pendapatmu?