Alexa Metrics

Lions Memperkuat Kontribusi untuk Indonesia

Lions Memperkuat Kontribusi untuk Indonesia Kegiatan yang dilakukan sebelum Pandemi. Para relawan saat bersiap melakukan aksi bersih bersih serempak di lima wilayah DKI Jakarta pada Sabtu (21/9/2019).

indopos.co.id – Lions Clubs Indonesia, wadah organisasi pengabdian kemasyarakatan berkomitmen meningkatkan kontribusi pemberdayaan para relawan. Yakni untuk melayani masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan kemanusiaan di tengah Pandemi COVID-19.

Sebagai lembaga pengabdian yang sudah berdiri di Indonesia sejak 18 November 1969, Lions Clubs Indonesia terus berupaya membantu berbagai lapisan masyarakat terutama yang kurang beruntung dalam mengakses berbagai kebutuhan terutama di bidang makanan, kesehatan, dan kesejahteraan.

Ketua Dewan Gubernur Lions Clubs Indonesia Yodianto Jaya mengatakan, langkah untuk membantu masyarakat yang kurang beruntung terus dilanjutkan sesuai dengan program kerja organisasi ini.

“Kegiatan yang dilakukan Lions Clubs Indonesia selama pandemi COVID-19 disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekitarnya. Dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah daerah setempat,” jelasnya, di Jakarta, Kamis (10/9/2020)

Menurut Ketua Dewan Gubernur, Lions Clubs Indonesia mengikuti program arahan dari Lions Clubs International yang saat ini ada lima fokus pengabdian utama.

Pertama, lingkungan hidup (environment). Lions berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat menjaga lingkungan yang bersih, bukan hanya untuk kesehatan tetapi juga kelestarian dan kelangsungan alam bagi kehidupan.

“Salah satu contoh, penanaman bibit pohon, kegiatan daur ulang, dan penggunaan kantung ramah lingkungan. Kedua, pemberian makanan (feed hunger) sehat bagi masyarakat yang membutuhkan,” jelas Yodianto.

Menurutnya, program ini memberikan dampak yang luar biasa, khususnya selama Pandemi COVID-19. Salah satu contoh dari sebuah club dan berkembang sukses melalui Lions mengajak mitra pemilik usaha warung makanan untuk menyediakan hidangan yang bisa dibeli masyarakat dengan harga terjangkau yaitu Rp5 ribu.

“Lions memberikan subsidi ke mitra warung. Sehingga pemilik usahapun mendapatkan konsumen dengan lancar,” ujarnya.

Ketiga, bantuan terhadap penderita kanker anak (pediatric cancer). Di sini, Lions Clubs bermitra dengan badan atau yayasan anak untuk membantu baik dalam hal nutrisi anak-anak, transportasi, rumah singgah, dan lainnya.

Keempat, program kesehatan mata _(vision)?. Ini adalah tantangan pertama di awal berdiri oleh seorang tunanetra Hellen Keller yang mengajak Lions untuk peduli terhadap mata. Program kesehatan mata itu sudah menjadi unggulan bagi Lions.

Contoh yang dilakukan berupa operasi katarak, pembagian kacamata gratis dengan pemeriksaan bagi anak-anak sekolah. Kelima, peningkatan kesadaran penyakit diabetes. Penyakit diabetes sudah merupakan penyakit nomor ke-6 tertinggi di dunia. Ini merupakan tantangan bagi Lions untuk menggerakan perhatian masyarakat akan diabetes dengan cara-cara pencegahan melalui edukasi, gerak badan, pemeriksaan, dan lainnya.

Kelima fokus pengabdian selalu menyatu dalam setiap kegiatan, aksi sosial di seluruh Lions Clubs Indonesia. Selain itu, club-club tentunya bisa mengadakan kegiatan sesuai kebutuhannya dimana adanya ‘your club, your way’.

“Selama Pandemi COVID-19, kami memahami kegiatan yang dilakukan oleh anggota Lions Clubs di seluruh Indonesia memiliki ruang gerak terbatas. Namun, beberapa kegiatan edukasi kepada masyarakat tetap berjalan dengan virtual sesuai semboyan ‘where there is need, there is a lion’. Kami para relawan Lions akan selalu terjun ke lapangan langsung bilamana ada kebutuhan oleh masyarakat,” pungkasnya. (mdo)



Apa Pendapatmu?