Alexa Metrics

Temuan Luar Biasa Ini Ubah Dunia

Temuan Luar Biasa Ini Ubah Dunia

indopos.co.id – Bisakah Anda membayangkan dunia tanpa penemuan yang dibuat oleh para pemikir hebat? Mungkin kita masih harus mencetak buku dengan menulisnya satu persatu dan ditemani dengan nyala lilin yang temaram. Atau mungkin kita masih harus berkirim surat untuk dapat tetap saling berhubungan. Hidup tentu akan jauh lebih sulit jika tanpa penemuan yang sudah kita nikmati saat ini. Berikut beberapa penemuan yang telah mengubah dunia.

Roda

Roda adalah penemuan yang memiliki dampak paling luar biasa dalam kehidupan di masa lalu. Benda ini juga dianggap sebagai inovasi yang kemudian menciptakan terobosan untuk penemuan-penemuan lain yang pernah dibuat sepanjang sejarah.

Roda adalah penemuan kuno, yang bahkan tidak diketahui siapa awal penemunya. Tanggal penemuannya juga masih tidak diketahui. Meskipun demikian, roda yang paling kuno diperkirakan ditemukan di bumi sekitar 5 ribu tahun lalu.

Konon, fungsi utama roda digunakan untuk mengangkut barang dengan lebih cepat dan efisien. Bahkan sekarang, penemuan-penemuan teknologi paling maju saat ini bergantung pada salah satu penemuan terbesar yang pernah dibuat dalam sejarah, yang secara umum dikenal sebagai roda.

Listrik

Listrik adalah salah satu bentuk energi yang terjadi di alam, sehingga banyak yang mengatakan bahwa listrik bukanlah sebuah penemuan. Namun, penggunaan listrik untuk kehidupan sehari-hari dianggap merupakan temuan  terpenting.

Benjamin Frangklin, dianggap sebagai salah satu penemu listrik atas percobaannya menggunakan layang-layang, kunci, dan petir. Percobaan tersebut membuktikan bahwa petir dan percikan listrik adalah hal yang sama.

Namun, temuan Fisikawan Italia, Alessandro Volta dianggap penting dalam penggunaan listrik untuk peralatan modern. Volta menemukan bahwa reaksi kimia tertentu dapat menghasilkan listrik dan membangun tiang volta (awal mula baterai listrik) yang menghasilkan arus listrik yang stabil. Karena itulah, dia dianggap sebagai orang pertama yang menciptakan aliran muatan listrik yang stabil

Saat ini, kita tidak dapat hidup tanpa listrik. Seluruh perangkat elektronik yang membuat hidup kita lebih nyaman seperti lampu, televisi, komputer, bahkan telepon pintar yang kita gunakan, semuanya membutuhkan listrik.

Telepon

Diciptakan oleh Alexander Graham Bell, telepon dianggap sebagai penemuan besar yang pernah dibuat dan sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari. Telepon mampu membuat komunikasi jauh lebih mudah daripada sebelumnya. Namun, saat itu tidak banyak orang yang mampu menjangkaunya.

Oleh sebab itu, telepon sudah berevolusi sehingga lebih terjangkau dan lebih efisien bagi banyak orang di dunia modern. Saat ini, semua orang memiliki telepon dalam genggaman. Kemanapun mereka pergi, mereka akan selalu membawa ponsel.

Mesin cetak

Ide tentang mesin cetak sudah marak sejak abad ke-11. Namun, penemu Jerman Johann Gutenberg membuat gagasan ini menjadi kenyataan. Dia adalah orang pertama yang menemukan mesin cetak bergerak pada 1430-an,0020yang menimbulkan keributan di seluruh dunia.

Mesin cetak bergerak memiliki dampak yang sangat besar di dunia, karena bahannya dapat dikumpulkan dan diedarkan lebih jauh ke seluruh dunia daripada sebelumnya. Temuan ini bahkan membuat buku sangat mudah diakses oleh keluarga kelas menengah.

Internet

Dampak yang dibawa internet di dunia adalah sesuatu yang tidak dapat kita sangkal. Baik itu di bidang ekonomi, seni, komunikasi, atau bisnis, internet telah menjadi bantuan yang sangat besar.

Internet mampu membuat siapa pun terhubung dengan orang lain, tidak peduli seberapa jauh mereka secara fisik. Temuan ini juga membantu kita mendapatkan informasi yang kita butuhkan dengan segera. Seiring kemajuan dunia modern, dampak dari ditemukannya internet terus meningkat dari hari ke hari.

Mesin uap

Jika mesin uap tidak dikembangkan, maka tidak mungkin ada mode perjalanan modern seperti yang kita lihat saat ini. Terutama, jika bukan karena terobosan ini, tidak akan ada toko-toko pakaian, makanan, dan minuman dalam jumlah besar di mana pun. Sebelum mesin uap ditemukan, semua dikerjakan dengan tangan.

Penemuan mesin uap kemudian memicu Revolusi Industri dan menciptakan dampak yang sangat besar bagi masyarakat. Setelah penemuan tersebut, pabrik-pabrik besar mulai dibuka, dan inovasi mesin uap yang berkelanjutan memberikan pengaruh besar pada ekonomi dunia. (fay)



Apa Pendapatmu?