Alexa Metrics

Kinerja Bursa Malaysia di Posisi Terbaik

Kinerja Bursa Malaysia di Posisi Terbaik Ilustrasi

indopos.co.id – Riset data menunjukkan bahwa Bursa Malaysia menunjukan kinerja terbaik di antara negara ASEAN lainnya, walaupun tercatat pertumbuhannya masih negatif. Terhitung sejak Januari 2020 hingga 30 Agustus 2020, kinerja Bursa Malaysia tercatat hanya -3,86 persen.

Tentu saja kinerja baik ini tidak terlepas dari dibukanya kembali aktivitas ekonomi dan sosial di Malaysia sejak tanggal 10 Juni 2020. Tepat pada pembukaan lockdown, Indeks KLSE mengalami penurunan selama 2 minggu, sebelum kembali rebound setelahnya.

Selama lockdown diterapkan, Malaysia sempat mendapat pujian soal penanganan kasus COVID-19. Malaysia terus melakukan langkah preventif, antisipatif, dan kuratif dalam melawan pandemi dengan mekanisme Perintah Kawalan Pergerakan (PKP).

PKP juga didukung dengan landasan hukum yang jelas yakni Akta Pencegahan dan Pengawalan Penyakit Berjangkit 1988 dan Akta Polis 1967. Jika dilanggar, hukumannya enam bulan penjara atau denda RM 1000.

Sementara itu, Kerajaan Malaysia juga membuat paket kebijakan ekonomi dengan mengalokasikan dana sebesar 250 miliar Ringgit, untuk merangsang kegiatan bisnis, serta tunjangan ke tenaga kesehatan, keamanan, imigrasi, bea cukai, dan lain-lain. (dni)



Apa Pendapatmu?