Alexa Metrics

Gubernur DKI Memastikan PSBB Total Mulai Senin Besok

Gubernur DKI Memastikan PSBB Total Mulai Senin Besok PEMBERLAKUAN PSBB – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat konferensi pers penerapan PSBB di kantornya, Minggu (13/9/2020). Foto: Istimewa

indopos.co.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai 14 September 2020, Sesuai ketentuan, PSBB itu berlaku hingga dua minggu kedepan.

“Prinsipnya dalam masa PSBB yang berlaku di Jakarta sejak tanggal 10 April sampai hari ini, Jakarta masih berstatus PSBB. Sesuai Permenkes PSBB itu berlaku 2 minggu dan dapat diperpanjang,” ujar Anies dalam konferensi pers secara virtual, Minggu (13/9/2020).

Anies mengatakan, pengelolaan PSBB di Jakarta diatur melalui tiga Peraturan Gubernur (Pergub). Yang pertama Pergub 33/2020 tentang pelaksanaan PSBB, ditetapkan tanggal 9 april 2020. Kemudian Pergub nomor 79/2020 ditetapkan 19 agustus penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan Kemudian yang ketiga, Pergub nomor 88 tahun 2020 ditetapkan 13 September 2020, tentang perubahan pergub nomor 33/2020

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut menambahkan,  pada prinsipnya selama masa PSBB,sebisanya di rumah. Dianjurkan tidak berpergian, “Kecuali untuk keperluan mendesak. Kecuali untuk aktivitas dalam usaha esensial yang memang diperbolehkan,” beber Anies.

Ada lima faktor dalam pembatasan ini, yakni pembatasan aktivitas sosial, ekonomi, keagamaan budaya, pendidikan dan lain-lain. Kedua pengendalian mobilitas, rencana isolasi yang terkendali, pemenuhan kebutuhan pokok dan penegakan sanksi. “Jadi pesan penting dalam PSBB adalah tetap berada di rumah. Kecuali ada kebutuhan yang mendesak dan esensial,” pungkasnya. (dai)



Apa Pendapatmu?