Belum Ada Wacana Tunda Pilkada

indopos.co.id – Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mengatakan, sampai saat ini belum ada pemikiran untuk menunda pelaksanaan Pilkada Serentak 2020. Hal itu terkait desakan beberapa pihak karena belum meredanya kasus COVID-19 di Indonesia.

Menurut dia, keputusan penyelenggaraan Pilkada tanggal 9 Desember 2020 telah disepakati antara DPR, pemerintah dan penyelenggara Pemilu yaitu KPU, Bawaslu, dan DKPP melalui Perppu No. 2/2020.

Baca Juga :

Deklarasi Pilkada secara Daring

“Sampai saat ini, belum ada pemikiran dari Komisi II begitu juga pemerintah dan penyelenggara Pilkada memikirkan untuk melakukan penundaan Pilkada,” ujar Guspardi dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (13/9/2020).

Guspardi mengungkapkan, awalnya Komisi II DPR meminta penundaan Pilkada dilakukan hingga 2021. Namun, pemerintah berargumentasi tidak ada yang bisa menjamin pandemi COVID-19 menurun atau berakhir.

Baca Juga :

DKI Dukung Konsep Mini Lockdown

Menurut dia, hingga akhirnya, Gugus Tugas COVID-19 saat itu memberikan rekomendasi Pilkada 2020 bisa digelar jika penegakan ketat protokol kesehatan dapat dilaksanakan.

“Itu artinya, kata kuncinya dalam kondisi pandemi COVID-19 pelaksanaan Pilkada 2020 ini yang perlu ditegakkan adalah disiplin protokol kesehatan harus betul-betul dilaksanakan dan diawasi dengan ketat,” kata dia. (ant/rul)

Baca Juga :

Warga Jakarta Pindah Lokasi Nongkrong

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.