Alexa Metrics

PSBB Jakarta Kembali Diperketat, BPJAMSOSTEK Optimalkan Lapak Asik

PSBB Jakarta Kembali Diperketat, BPJAMSOSTEK Optimalkan Lapak Asik TERTIB-Ilustrasi Lapak Asik luring (offline) di Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Jakarta Rawamangun.FOTO:IST

indopos.co.id – Tingginya jumlah kasus positif COVID-19 dalam sebulan terakhir ini, tak pelak membuat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali memperketat aturan dengan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Seiring dengan kondisi tersebut, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK/ BPJS Ketenagakerjaan) menyatakan dukungannya dengan memberikan pelayanan disertai protokol kesehatan yang lebih ketat serta mengoptimalkan Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) yang telah diperkenalkan sejak bulan Maret lalu.

”Kami pastikan bahwa BPJAMSOSTEK tetap beroperasi dan memberikan layanan kepada peserta, tentunya dengan protokol kesehatan yang lebih ketat. Kami juga kembali menghimbau kepada peserta untuk melakukan klaim dari rumah mengunakan prosedur Lapak Asik online karena lebih mudah dan dapat dilakukan di rumah tanpa harus datang secara langsung ke kantor cabang sehingga terhindar dari risiko terpapar COVID-19,” ujar Direktur Pelayanan BPJAMSOSTEK Krishna Syarif, di Jakarta, Selasa (15/9/2020).

Sedangkan bagi tenaga kerja yang mengalami PHK massal atau ingin mengajukan klaim secara berkelompok dapat dikoordinasikan oleh HRD perusahaan untuk memanfaatkan fasilitas layanan klaim JHT secara kolektif. Fasilitas ini ditujukan kepada perusahaan skala besar maupun menengah yang terpaksa melakukan PHK kepada minimal 30 persen tenaga kerjanya. Dengan demikian tenaga kerja tidak perlu datang ke kantor cabang dan menyerahkan seluruh dokumen pendukung klaim JHT kepada HRD untuk diproses lebih lanjut.

Krishna menambahkan bahwa hingga 31 Agustus 2020, jumlah pengajuan klaim JHT telah mencapai angka 1,69 juta kasus dengan nominal mencapai 21,1 triliun. Sedangkan dari ketiga kanal Lapak Asik yang disediakan, kanal online menjadi sarana yang paling banyak digunakan oleh peserta yaitu sebesar 83% dari total pengajuan yang dilakukan, selain itu 17% sisanya mengunakan kanal offline dan kolektif.

Bagi peserta yang akan melakukan klaim JHT dapat mengikuti Lapak Asik online dengan cara sebagai berikut:
1. Registrasi melalui Aplikasi BPJSTKU atau situs lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id
2. Pilih tanggal, waktu pengajuan, dan kantor cabang yang masih tersedia.
3. Scan atau pindai semua dokumen yang dipersyaratkan, termasuk formulir klaim JHT yang sudah terisi lengkap, lalu kirimkan dokumen tersebut melalui email kantor cabang tujuan yang dipilih.
4. Kirimkan dokumen yang sudah dipindai melalui link yang diterima pada email yang telah di daftarkan paling lambat H-1 sebelum tanggal pengajuan.
5. Pastikan email dan nomor HP yang didaftarkan terhubungan dengan whatsapp, dan selalu aktif selama proses pengajuan klaim, karena informasi dan konfirmasi akan dilakukan oleh petugas BPJAMSOSTEK melalui panggilan video (video call).
6. Siapkan seluruh dokumen asli yang harus ditunjukkan saat dihubungi melalui panggilan video.
7. Jika dokumen dinyatakan lengkap, akan diproses lebih lanjut dan klaim JHT akan ditransfer langsung ke rekening bank milik peserta.

Agar proses pengajuan klaim JHT berjalan dengan lancar peserta juga harus memastikan kelengkapan dokumen yang disyaratkan, tenggat waktu pengiriman dokumen, jadwal interview atau wawancara dengan petugas serta memastikan keberadaan dokumen asli untuk proses verifikasi. Selain itu peserta juga dapat memanfaatkan fasilitas tracking klaim melalui kanal resmi di www.bpjsketenagakerjaan.go.id/tracking untuk mengetahui perkembangan proses klaim yang sedang mereka ajukan.

“Prosedur Lapak Asik ini sudah sangat mudah dengan tetap mengedepankan keamanan data dan dana peserta. Oleh karena itu kami mengimbau agar peserta tidak menggunakan jasa calo karena seluruh klaim JHT ini tidak dipungut biaya dan saya mengimbau mari kita bersama disiplin mematuhi protokol kesehatan, agar pandemi ini bisa segera berlalu,” cetus Krishna.

Sementara itu Kepala Kantor Cabang (Kakacab) BPJAMSOSTEK Jakarta Rawamangun Aland Lucy Patitty, mengatakan diberlakukannya kembali PSBB oleh Pemprov DKI pihaknya kembali bersosialisi kepada peserta tentang pemberlakuan kembali Lapak Asik online. Dengan begitu, peserta tidak perlu lagi datang ke kantor cabang.

”Kalau bagi kami Lapak Asik online ini sudah tidak asing lagi, karena praktis sudah kami lakukan sejak awal pandemi COVID-19 dan ketika awal Pemprov DKI memberlakukan PSBB,” ungkap Lucy. Menurut Lucy, berdasarkan pengalaman yang ada Lapak Asik online justru layanan yang lebih disukai oleh kebanyakan peserta. Sebab, segala urusan cukup dilakukan dari rumah dan caranya juga cukup mudah.

”Mulai pengajuan klaim JHT, upload dan pengiriman dokumen persyaratan, verifikasi oleh kami, sampai akhirnya saldo JHT cair ke rekening peserta itu semua cukup dilakukan dari rumah. Lapak Asik online ini sudah terbukti cukup efektif dari sisi waktu, tidak perlu tenaga dan biaya transportasi untuk datang ke kantor cabang,” ungkap Lucy. Dikatakan, selama persyaratan pengajuan klaim terpenuhi maka tidak ada alasan bagi pihaknya untuk menunda layanan.

”Bahkan kalau memungkinkan kami percepat prosesnya, dari seharusnya harus selesai tujuh hari bahkan ada yang bisa selesai kurang dari tujuh hari karena memang seluruh persyaratannya lengkap,” ujarnya. Lucy berpesan agar dalam mengakses layanan Lapak Asik online ini harus dilakukan sendiri oleh peserta dan jangan diwakilkan oleh orang lain apalagi calo.(dni/mdo)



Apa Pendapatmu?