Alexa Metrics

BPK RI Mulai Audit Keuangan TNI AL 

BPK RI Mulai Audit Keuangan TNI AL  PERIKSA- Kasal Laksamana TNI Yudo Margono (kanan) menerima tim BPK RI. FOTO:IST
indopos.co.id – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI menyampaikan Taklimat Awal pada pembukaan Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) Unit Organisasi (UO) TNI AL di Gedung Neptunus, Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, belum lama ini.
Tim pengawasan dan pemeriksaan (Wasrik) BPK dipimpin oleh Dr. Hendra Susanto, S.T., M.Eng., M.H., CFrA., CSFA bersama 12 anggota lainnya.
Tim Wasrik BPK diterima Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., didampingi Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., Irjenal, Asrena Kasal, Aslog Kasal, Irben Itjenal, Kadisfaslanal, Kadisadal, Paban IV Progar Srenal dan Paban V Dalpro Srenal dilanjutkan dengan pelaksanaan rapid test.
Tim Wasrik BPK RI akan melaksanakan pemeriksaan atas belanja modal 2019 sampai dengan semester I 2020 Unit Organisasi (UO) TNI AL. Obyek pemeriksaan meliputi Srenal, Slogal, Disadal, Disfaslanal, Dismatal, Dislaikmatal, Diskual, Dissenlekal, Diskomlekal dan Kormar serta pemeriksaan fisik Mako Armada II Surabaya, Dermaga Saumlaki dan Arsenal Batuporon.
“BPK berwenang melakukan pemeriksaan kinerja dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu selain atas pemeriksaan keuangan yang setiap tahun diterima,” ungkap Ketua Tim Wasrik BPK RI Hendra Susanto.
Sementara itu KASAL Laksamana TNI Yudo Margono mengawali sambutannya dengan menyampaikan apresiasi atas penilaian opini BPK Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada laporan keuangan Kemhan/TNI Tahun Anggaran 2019. Pihaknya menyadari kehadiran tim BPK bertujuan untuk saling berkoordinasi dan saling bertukar pikiran untuk mengetahui sejauh mana perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan terkait pengendalian internal dan kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan. Begitu pula untuk pemenuhan terhadap prinsip akuntabilitas dan transparansi laporan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa di lingkungan TNI AL. (dni)



Apa Pendapatmu?