Alexa Metrics

DPR Minta KKP Percepat Penyerapan Anggaran 2020

DPR Minta KKP Percepat Penyerapan Anggaran 2020 Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

indopos.co.id – Komisi IV DPR RI meminta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk melakukan percepatan kinerja program dan kegiatan. Dengan meningkatkan penyerapan anggaran 2020. Pasalnya penyerapan anggaran di KKP, per 11 September 2020 baru 54,44 persen dari pagu anggaran sekitar Rp5,082 triliun.

“Hal itu agar masyarakat sektor kelautan dan perikanan dapat merasakan kehadiran bantuan pemerintah secara cepat. Sesuai dengan target dan harapan di masa Pandemi COVID-19,” ujar Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, saat rapat kerja (raker) dengan Menteri KKP, di Gedung DPR RI, Selasa (15/9/2020).

Rapat kerja tersebut dalam rangka melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan anggaran tahun 2020, Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Kementerian/Lembaga tahun 2021. Serta usulan program-program yang akan didanai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) berdasarkan kriteria teknis Komisi IV DPR RI.

Dalam raker tersebut Komisi IV menerima penjelasan realisasi penyerapan anggaran KKP tahun 2020 per 11 September 2020 sebesar Rp2,767 triliun. Atau sekitar 54,44 persen dari pagu anggaran sekitar Rp5,082 triliun.

Selain itu lanjut Sudin, Komisi IV juga menyetujui usulan tambahan pagu alokasi anggaran tahun 2021 KKP sebesar Rp3,486 trilliun. “Komisi IV juga menyetujui pagu Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Kelautan dan Perikanan Rp1 triliun,” ujarnya.

Sementara itu, saat membuka raker Sudin mengatakan pihaknya menerima tiga surat kuasa, terkait ketidakhadiran Menteri KKP pejabat KKP. Surat pertama dari Menteri KKP Edhy Prabowo yang memberikan kuasa untuk mewakili rapat kepada Antam Novambar sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Surat kedua dari Aryo Hanggono yang merupakan Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut yang memberikan surat kuasa kepada Agus Darmawan yang merupakan Plt. Sekretaris Ditjen Pengelolaan Ruang Laut KKP.

Surat ketiga dari Artati Widiarti yang merupakan Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP. Dalam surat tersebut Artati memberikan kuasa kepada Berny Achmad yang merupakan Sekretaris Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP.

“Mereka belum bisa menghadiri rapat kerja pada hari ini karena yang bersangkutan belum sehat,” kata Sudin.

Sementara itu Sekjen KKP Antam Novambar mengharapkan doa agar rekan-rekan yang tidak sehat dapat segera diangkat penyakitnya. Adapun terkait masukan dewan, pihaknya akan menindaklanjuti hal itu. “Terima kasih atas saran dan masukannya, kami bertekad melaksanakannya sebaik-baiknya,” pungkasnya.(dai)



Apa Pendapatmu?