Alexa Metrics

Pasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Atap, DP Rp0

Pasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Atap, DP Rp0 Bersih – Pembangkit Listrik Tenaga Surya di atap Gedung Plaza Indonesia, Jakarta. Foto: Istimewa

indopos.co.id – The Southeast Asia Clean Energy Facility (SEACEF) berinvestasi perdananya di Indonesia melalui PT Xurya Daya Indonesia (Xurya). Startup energi terbarukan di Indonesia itu memelopori metode DP Rp0 untuk pemasangan PLTS (pembangkit listri tenaga surya) atap sebagai sumber energi bersih.

”Dalam krisis ekonomi saat ini, investasi tahap awal SEACEF ke Xurya juga akan menciptakan lapangan pekerjaan baru, menyediakan penghematan energi bagi komersial dan industri dan paling penting adalah menyediakan modal pengembangan yang menunjukkan bahwa pemulihan hijau masih dapat tercapai. Kami akan terus mendukung developer lokal di Asia Tenggara untuk mencapai pemulihan hijau dari krisis COVID-19 saat ini,” ungkap Managing Director Clime Capital Mason Wallick, di Jakarta, Selasa (15/9/2020).

Dikatakan, dukungan PLTS Atap kepada pelanggan komersial dan industri melalui investasi di Xurya merupakan investasi pertama sejak pendanaan SEACEF pada Juni 2020.

”Kami sekarang memajukan banyak peluang investasi lainnya dalam pipeline kami, memenuhi kebutuhan modal yang signifikan dalam pengembangan tahap awal yang sulit dalam krisis saat ini. Melalui rekan filantropi kami -serta melalui dukungan dari mitra investor baru yang kami targetkan untuk bergabung di tahun 2020- kami yakin SEACEF dapat memberikan intervensi penting yang akan membantu mitra instansi kami di Asia Tenggara dalam memajukan proyek energi bersih,” cetus Wallick.

Managing Director Xurya Daya Indonesia Eka Himawan mengatakan, di tengah perlambatan dalam investasi PLTS utilitas, pihaknya percaya bahwa pelanggan komersial dan industri telah menjadi titik terang bagi para investor ketenagalistrikan di Indonesia. Tidak hanya dari perspektif keuntungan, tetapi lebih penting lagi dari perspektif dampak iklim.

”Tim SEACEF dengan tanggap mengidentifikasi peluang tersebut dan kami senang karena mereka memiliki visi yang sama dengan kami,” ungkapnya.(dni)



Apa Pendapatmu?