Alexa Metrics

Statistiknya Bikin Fans Chelsea Hujat Kepa Arrizabalaga

Statistiknya Bikin Fans Chelsea Hujat Kepa Arrizabalaga

indopos.co.id – Aktivitas Chelsea di bursa transfer pada musim ini sebentar lagi berakhir. Setelah menghabiskan lebih dari 200 juta poundsterlinng, media massa Inggris melaporkan, The Blues masih akan mengeluarkan uang sekitr 25 juta poundsterling. Uang itu diperlukan untuk mendatangkan Edouard Mendy dari Rennes, Prancis.

Manajer Frank Lampard sudah tidak percaya lagi dengan penjaga gawang Kepa Arrizabalaga. Sebetulnya, Chelsea masih punya Willy Caballero. Hanya, Caballero sudah termakan usia.  Mungkinkah Mendy yang kini berusia 28 tahun menjadi orang yang tepat untuk The Blues atau dia akan gagal lagi?

Mendy lahir di Prancis dari ibu Senegal dan ayah Bissau-Guinea. Ia memulai karirnya di level semi-profesional di divisi ketiga sepak bola Prancis bersama AS Cherbourg. Menghabiskan 4 musim bersama tim Normandia, ia hanya membuat 25 penampilan dan dilepas pada 2015.

Berusia 23 tahun dan tanpa kesepakatan profesional, Mendy sebetulnya sudah siap-siap meninggalkan sepak bola. Di sela-sela tanpa klub, Mendy sempat mengantre pekerjaan di pusat pekerjaan lokal di Normandy.

Pemain internasional Senegal itu direkrut Rennes musim panas lalu dan mewakili mereka di babak grup Liga Europa selama kampanye 2019-20.

Direktur teknik Chelsea Petr Cech tahu satu atau dua hal tentang penjaga gawang. Mantan kiper Republik Ceko itu adalah pilihan andalan The Blues selama 11 tahun dan sekarang bertanggung jawab soal transfer pemain. Cech menjadi sosok di balik kedatangan Mendy ke Stamford Bridge.

Perbandingan antara Mendy dan Cech sangat mencolok. Kedua pemain membuat nama mereka di sepak bola Prancis sebelum diincar oleh Chelsea. Cech adalah mantan pemain Rennes sebelum pindah ke Stamford Bridge pada 2004.

Sementara itu, tinggi badan kedua pemain sangat mirip. Salah satu atribut utama Mendy adalah tubuhnya yang besar dan tingginya 6 kaki 6 inci. Itu sedikit lebih besar dari Cech, yang tingginya 6 kaki 5 inci. Dan jika pemain berusia 28 tahun itu bisa meniru setengah dari karir Cech di Stamford Bridge, maka Chelsea akan memiliki satu kiper bagus di tangan mereka.

Lampard praktis sudah tidak percaya lagi kepada Kepa Arrizabalaga. Pemain Spanyol itu dikritik pakar dan pendukung karena tampil buruk. Buruknya penampilan Kepa memaksa Lampard menurunkan Willy Caballero yang berusia 38 tahun beberapa kali sepanjang musim lalu.

Nah, statistik penjaga gawang Mendy untuk Rennes musim lalu akan menjadi bacaan yang menyenangkan bagi fans Chelsea. Pemain berusia 28 tahun itu memiliki persentase penyelamatan 79 persen. Bandingkan dengan Kepa yang memiliki rekor penyelamatan terburuk dalam sejarah Liga Premier dengan hanya 54,5 persen.

Mendy juga bagus dalam merebut bola. Ia berhasil mencegat 10,2 persen dari semua umpan silang yang dihadapinya musim lalu. Hanya selusin kiper di Eropa yang memiliki rekor lebih baik. Rekornya dalam mengklaim umpan silang juga lebih baik dari Thibaut Courtois (8,8 persen), Alisson (8,1 persen), Ederson (6,9 persen), dan Jan Oblak (5,5 persen). Sementara Kepa terlalu lemah di bawah mistar gawang, Mendy akan mendominasi di area penalti Chelsea.(*)



Apa Pendapatmu?