Alexa Metrics

Yoshihide Suga Bersiap Gantikan Shinzo Abe sebagai PM Jepang

Yoshihide Suga Bersiap Gantikan Shinzo Abe sebagai PM Jepang Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga terpilih sebagai pemimpin baru Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa di Jepang. (Foto: AFP)

indopos.co.id Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga, yang merupakan pembantu setia Perdana Menteri Shinzo Abe, bersiap untuk memenangkan pemilihan kepemimpinan partai yang berkuasa. Suga hampir memastikan bahwa ia akan menggantikan posisi Abe di puncak kepemimpinan Jepang.

Suga mengatakan dia akan mengejar kebijakan ekonomi dan luar negeri utama Abe. Dia diperkirakan akan mendapatkan sebagian besar suara dari 394 anggota parlemen Partai Demokrat Liberal (LDP) dan kemungkinan akan memenangkan mayoritas 141 suara dari cabang-cabang lokal partai.

Suga berada di jalur untuk memenangkan lebih dari 70 persen suara anggota parlemen dan memimpin di antara cabang-cabang lokal, lapor penyiar publik NHK.

Pemenang pemilihan LDP hampir pasti akan terpilih sebagai perdana menteri dalam pemungutan suara parlemen pada Rabu (16/9) karena mayoritas LDP di majelis rendah. Dia akan meneruskan masa jabatan Abe sebagai pemimpin partai hingga September 2021.

Abe, perdana menteri terlama di Jepang, mengatakan bulan lalu dia akan berhenti karena kesehatan yang memburuk dan mengakhiri masa jabatannya selama hampir delapan tahun.

Suga mengatakan dia akan melanjutkan strategi khas Abe ‘Abenomics’ dari kebijakan moneter yang sangat mudah, pengeluaran pemerintah dan reformasi sambil mengatasi masalah COVID-19 dan ekonomi yang merosot, dan menghadapi masalah jangka panjang seperti populasi Jepang yang menua dan tingkat kelahiran yang rendah .

Pabrikan Jepang tetap pesimis selama 14 bulan berturut-turut pada September, jajak pendapat Reuters menunjukkan, menggarisbawahi tantangan besar yang dihadapi pemimpin berikutnya.

Suga, yang resumenya kurang pada pengalaman diplomatik, menghadapi tantangan geopolitik seperti membangun hubungan dengan pemenang pemilihan presiden AS pada 3 November dan menyelesaikan kekhawatiran atas agresivitas maritim Tiongkok dengan hubungan bilateral ekonomi yang saling ketergantungan.

Menurut spekulasi yang berkembang, Suga akan mengadakan pemilihan umum untuk majelis rendah parlemen bulan depan demi mendapatkan peluang untuk memenangkan masa jabatan tiga tahun penuh sebagai kepala LDP tahun depan. Pemungutan suara untuk majelis rendah akan diadakan pada akhir Oktober 2021.

Yoshihide Suga adalah putra seorang petani stroberi dari Jepang utara yang memulai karir politiknya sebagai anggota dewan lokal. Sejak 2012, dia menjabat sebagai kepala sekretaris kabinet dan bertindak sebagai juru bicara utama pemerintah Abe. Dia mengoordinasikan kebijakan, dan menjaga birokrat tetap sejalan.

Reuters melaporkan bahwa Suga memiliki citra sebagai operator di belakang layar dan bukannya sebagai pemimpin garis depan. Tetapi namanya naik dalam jajak pendapat setelah dia mengumumkan pencalonannya untuk menggantikan Abe. Dia memenangkan dukungan dari sebagian besar faksi LDP, melampaui para pesaingnya termasuk mantan menteri pertahanan Shigeru Ishiba dan mantan menteri luar negeri Fumio Kishida. (fay)



Apa Pendapatmu?