Alexa Metrics

Tjahjo Sebut ASN Punya Peranan Penting dalam Pilkada dengan Menjaga Netralitas

Tjahjo Sebut ASN Punya Peranan Penting dalam Pilkada dengan Menjaga Netralitas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo, saat Upacara Pelepasan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I Angkatan XLV, di Kantor Lembaga Administrasi Negara (LAN), Jakarta, Kamis (17/9/2020).

indopos.co.id – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengingatkan dalam waktu dekat, Indonesia akan menggelar pesta demokrasi pemilihan kepada daerah (pilkada). Aparat Kepolisian dan TNI (Tentara Nasional Indonesia) berperan penting untuk menjaga pelaksanaan pilkada agar berjalan aman, tertib dan damai.

“Di samping itu, aparatur sipil negara (ASN) juga mempunyai peranan penting dalam pilkada serentak dengan menjaga netralitas ASN saat pilkada,” ujarnya saat Upacara Pelepasan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I Angkatan XLV, di Kantor Lembaga Administrasi Negara (LAN), Jakarta,
Kamis (17/9/2020).

Tjahjo menambahkan, SKB (Surat Keputusan Bersama) tentang Pedoman Pengawasan Netralitas Pegawai ASN dalam Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 telah diterbitkan pada 10 September 2020. Diharapkan seluruh ASN tidak terlibat dalam politik praktis di masa pilkada serentak.

“Masing-masing kementerian, lembaga dan pemda diharapkan dapat membantu menjaga netralitas ASN untuk suksesnya pilkada tersebut,” pungkasnya.(dai)



Apa Pendapatmu?