Selain Prabowo, Pejabat Pentagon Juga Sowan ke Panglima TNI

indopos.co.id – Sebelum bertemu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, pejabat Departemen Pertahanan Amerika Serikat James H.Anderson menemui Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Pertemuan itu untuk membahas kerjasama kedua negara yang selama ini telah terjalin rapih. Dalam pertemuan itu, Hadi dan Anderson juga membahas penanganan pandemi COVID-19.

Baca Juga :

Kedua pejabat berharap pandemi ini dapat segera berakhir, sehingga berbagai kegiatan bilateral dapat kembali dilanjutkan. ”Anderson berupaya mengekspresikan solidaritas terkait upaya Indonesia memerangi pandemi COVID-19,” tulis rilis Departemen Pertahanan AS.

Menurut Departemen Pertahanan AS, dalam pertemuan yang dilakukan Kamis (17/9/20) itu, keduanya juga membahas sejumlah topik hangat lainnya, seperti sengketa di Laut China Selatan (LCS), isu kontra-terorisme, ancaman kejahatan di dunia siber, dan investasi AS di Indonesia. Kedua belah pihak juga membahas rencana pembelian peralatan utama sistem persenjataan (alutsista) dari AS yang masih tertunda.

Terkait keamanan kawasan, Hadi dan Anderson sepakat wilayah LCS yang memiliki nilai sangat strategis bagi dunia internasional harus terus dijaga keamanannya. Selain itu, perselisihan yang ada di LCS dapat diselesaikan dengan cara mengutamakan pendekatan damai berdasarkan prinsip saling menghormati dan saling percaya.

Dalam kunjungan Anderson menemui Panglima TNI, pejabat Pentagon itu didampingi Deputy Chief of Mission Heather Variava, DASD Reed Werner, dan Acting Athan Capt (N) Stacey Prescott.

Baca Juga :

Jokowi Belum Putuskan Wakil Panglima TNI

Selain menemui Menhan Prabowo Subianto dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Anderson juga menemui Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (ind)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.