Alexa Metrics

Persiapan Hotel untuk Isolasi Warga Positif Corona

Persiapan Hotel untuk Isolasi Warga Positif Corona ilustrasi (dok.indopos)

indopos.co.id – Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menjalin komunikasi dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jabar terkait persiapan mekanisme penyediaan hotel untuk jadi ruang bagi tenaga kesehatan atau tempat isolasi mandiri warga positif COVID-19 tanpa gejala atau gejala ringan.

“Pemprov Jabar menyatakan siap merespon upaya Satgas Penanganan COVID-19 serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengenai penyediaan hotel untuk menyediakan ruang untuk dokter, tenaga kesehatan, maupun tempat isolasi mandiri masyarakat yang terkonfirmasi positif COVID-19 tanpa gejala atau gejala ringan,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar Dedi Taufik, Jumat (18/9/2020).

Secara prinsip, kata Dedi, PHRI menyambut positif dengan program dari pemerintah pusat itu. Selain pertimbangan sisi kemanusiaan, kebijakan ini juga menjadi peluang baru agar kinerja perusahaan bisa bertahan di tengah pandemi.

Akan tetapi, sambung Dedi, untuk realisasinya membutuhkan persiapan yang matang. Ada banyak hal yang harus dipenuhi, seperti penerapan standar protokol kesehatan khusus untuk perawatan.

Maka dari itu, Dedi mengaku belum bisa mengungkapkan jumlah pasti berapa hotel di Jawa Barat yang terlibat dalam program tersebut. Kendati sudah ada beberapa hotel mengajukan penawaran kepada dinas kesehatan setempat, seperti di Kota Bogor.

“Jadi targetnya hotel yang berpartisipasi ini bisa merata di semua daerah. Tapi mungkin untuk saat ini fokus di zona merah. Mudah-mudahan persiapan, koordinasi dengan pengusaha hotel termasuk dinas terkait dan kementerian bisa berjalan cepat dan baik,” kata dia. (ant/rul)



Apa Pendapatmu?