Alexa Metrics

Resto Asli Korea Berbintang Michelin

Resto Asli Korea Berbintang Michelin

indopos.co.id – Mengunjungi restoran berbintang Michelin bukanlah hal sulit dilakukan di Seoul, Korea Selatan. Jika Anda mencari tahu lebih banyak, Anda akan menemukan banyak restoran mewah yang telah mendapatkan predikat bintang dari Michelin, salah satunya adalah Gotgan by Lee Jong Guk.

Seperti namanya, seluruh masakan di Gotgan by Lee Jong Guk dibuat oleh koki Korea yang juga peneliti makanan, Lee Jong Guk. Koki yang telah memasak selama hampir 20 tahun ini dianggap sebagai pelopor masakan haute Korea modern. Gotgan adalah restoran yang mengkhususkan diri pada masakan Korea dan merupakan restoran berbintang 1 Michelin.

Resto Asli Korea Berbintang Michelin

Sebagai seorang ahli kuliner di Gotgan, Lee Jong Guk menemukan kecintaannya pada makanan melalui masakan mendiang ibunya. Salah satu yang ibunya ajarkan ketika memasak adalah untuk menghargai orang-orang yang akan memakan masakannya. Baginya, sehebathebatnya sebuah resep, jika dimasak tanpa memedulikan orang yang akan memakannya, maka itu adalah makanan yang buruk.

Lee Jong Guk sangat yakin bahwa memasak, seperti upaya kreatif lainnya, adalah tentang membuat hal-hal indah. Maka tidak heran, jika dia menciptakan dan menyajikan hidangannya dengan apik dan terlihat sangat ahli, sederhana namun elegan. Inti dari menu-menu di restorannya adalah hidangan yang disiapkan dengan banyak gaya dan keanggunan.

Menu-menu seperti potongan kecil Amuse Bouche yang elegan hingga Individual Soy Brushes yang dibuat dengan cermat dari jarum-jarum pinus yang baru dipetik merupakan menu andalan di Gotgan. Meskipun harga menu-menu di Gotgan by Lee Jong Guk cukup menguras kantong, Anda tidak akan menyesal karena kualitas makanan yang disajikan akan membuat Anda ingin mencobanya lagi. Ada 3 set menu yang berkisar antara KRW150.000 (sekitar Rp1.903.000), hingga KRW300.000 (sekitar Rp3.806.000).

Menu-menu Gotgan sendiri sering berubah seiring dengan musim dan ketersediaan pasar. Jadi, Anda mungkin akan sulit mendapatkan menu yang sama di musim yang berbeda. Seperti menu bubur musim semi yang dimasak dengan gurita batu, tidak mungkin bisa Anda dapatkan di musim dingin. Setiap set menu biasanya disusun di atas nampan.

Resto Asli Korea Berbintang Michelin

Dalam satu nampan, Anda bisa mendapatkan beberapa jenis makanan dengan ukuran kecil seperti tahu panggang, pangsit seafood, kubis daging gulung yang dikukus, tempura rumput laut, dan es jeruk jeju. Untuk menu pembuka, Gotgan biasanya menyajikan set 8 Assorted Appetisers. Menu-menunya adalah Fried Pheasants, Nurungi Mushroom Dumplings, Spaghetti Squash, Salad Kacang, Kentang Panggan, dan Korean Beef Seeweed Roll.

Untuk menciptakan cita rasa yang asli dan otentik, semua hidangan di Gotgan dibuat dengan bahan musiman yang diolah dengan resep tradisional. Hal itu memungkinkan sang koki untuk mempertahankan rasa unik yang melekat pada masakan Korea. Di Gotgan, Anda tidak akan menemukan bumbu instan.

Di restoran ini, mereka menggunakan berbagai acar yang dibuat dengan kecap dan pasta kedelai yang telah difermentasi selama lebih dari 30 tahun. Koki Lee Jong Guk mengungkapkan bahwa di kediaman pribadinya di Seongbuk-dong, terdapat 24 lemari es yang berisi berbagai jenis acar sayur, kimchi, saus kedelai fermentasi, ikan asin, dan berbagai makanan laut yang difermentasi.

Resto Asli Korea Berbintang Michelin

Semua itu ia buat dari awal. Salah satu hidangan utama yang disajikan di Gotgan adalah Braised Han-u Oxtail Bansang. Daging sapi yang disajikan dalam menu ini telah direbus sampai empuk dan lembut. Dalam setiap gigitan, Anda akan merasakan sedikit rasa pedas yang bercampur sempurna dengan rasa gurih lezat dari saus kedelai Paju Jangdan.

Selain menunya yang lezat, Gotgan by Lee Jong Guk juga menawarkan pemandangan memukau kota Seoul karena terletak di lantai 50 Menara FKI, Seoul. Pencakar langit setinggi 245 meter itu dikenal sebagai gedung tertinggi ke-6 di Seoul. (fay)



Apa Pendapatmu?