Katulampa Siaga Satu, 300 Pasukan Biru di Jakarta Selatan Disiapkan

indopos.co.id – Jajaran Sudin (Suku Dinas) SDA (Sumber Daya Air) Jakarta Selatan menyiagakan pasukan biru sebanyak 300 personel di beberapa kelurahan dan kecamatan. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan tinggi muka air Kali Ciliwung seiring status Bendung Katulampa menjadi siaga satu pada Senin (21/9/2020) malam ini.

“Sudah otomatis, begitu ada pengumuman kenaikan status muka air di pintu air, kita sudah waspada dan siaga. 300 personel pasukan biru disiapkan,” ujar Kepala Seksi Pemeliharaan Sudin SDA Jakarta Selatan, Paulus Junjung, Senin 921/9/2020).

Baca Juga :

Dia menuturkan, pasukan biru di tingkat kelurahan dan kecamatan diminta waspada dan menyiagakan pompa air untuk dioperasikan apabila sudah ada laporan genangan.

Menurut Paulus, ketinggian muka air Kali Ciliwung yang berada di wilayah Jakarta Selatan masih normal. Diperkirakan air yang dari hulu Puncak akan mengalir sampai ke hilir Jakarta 10 jam dari sekarang, atau subuh hari.

Wilayah-wilayah yang berpotensi terkena imbas kenaikan muka air akibat siaga satu di Katulampa seperti Pejaten Timur, Rawa Jati, Kebun Baru, Manggarai dan Bukti Duri.

“Untuk wilayah-wilayah rawan sudah diinformasikan oleh lurah-lurahnya agar warganya siaga kemungkinan kenaikan muka air Ciliwung,” kata dia.

Junjung menginformasikan, saat ini kondisi di wilayah Jakarta Selatan tengah diguyur hujan yang mulai turun sekitar pukul 18.30 WIB dengan intensitas ringan.

Terpisah, Camat Tebet Dyan Airlanggar menjelaskan, ada tiga kelurahan di wilayahnya yang terdampak imbas kenaikan siaga banjir di Bendung Katulampa. Ketiga kelurahan itu yakni Kelurahan Manggarai, Kebon Baru dan Bukit Duri.

Menurut dia, sudah jadi SOP (Standard Operating Procedure) atau Standar Operasional Prosedur wilayah bantaran Kali Ciliwung yang merupakan kampung siaga bencana sudah terinformasi adanya kenaikan status muka air di Bendung Katulampa. “Warga bantaran Ciliwung sudah kita infokan untuk antisipasi,” ulas Dyan.

Dyan menambahkan, petugas Kecamatan Tebet juga disiagakan apabila dibutuhkan evakuasi warga. “Saat ini belum ada kenaikan muka air, mudah-mudahan dampaknya tidak parah,” sambung Dyan.

Adapun kenaikan muka air di Bendung Katulampa dilaporkan pukul 18.18 WIB dengan ketinggian 250 cm atau status siaga satu banjir untuk warga bantaran Sungai Ciliwung.(ibl)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.