Dongkrak Ekonomi, Jokowi Larang Para Menterinya Jalan Sendiri-Sendiri

indopos.co.id – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan para menterinya agar kompak. Itu dalam upaya mendongkrak perekonomian desa. Diperlukan sinergi yang kuat antarkementerian untuk mendongkrak ekonomi yang terguncang akibat pandemi COVID-19.

”Saya minta kementerian jangan membuat program sendiri yang lepas, tidak terintegrasi, tidak terpadu, sehingga outcome hasilnya tidak terlihat,” kata Jokowi, saat memimpin rapat terbatas dengan topik pembahasan percepatan penanganan ekonomi desa di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/9/2020).

Jokowi mencontohkan, misalnya Kemendes memastikan dana desa digunakan produktif sedangkan Kementerian PUPR penyediaan infrastruktur dasarnya. “Kemenhub konektivitasnya, Kemensos penanganan warga yang kurang mampu,” ungkapnya.

Jokowi mengatakan, pandemi COVID-19 harus menjadi momentum untuk kembali mengoreksi diri, serta melakukan reformasi dalam mentransformasikan perekonomian di pedesaan. ”Kita tahu pandemi bukan hanya menghantam seluruh masyarakat di perkotaan tetapi juga di pedesaan, dan ketika terjadi krisis ekonomi di perkotaan maka desa menjadi penyangga, menjadi buffer,” katanya.

Baca Juga :

Karena saat ini terjadi arus balik perpindahan penduduk dari kota ke desa. ”Jadi bukan urbanisasi tetapi ruralisasi,” jelasnya.

Jokowi menegaskan pemerintah perlu memperkuat daya ungkit ekonomi desa dengan mencari sumber pertumbuhan baru di wilayah-wilayah pedesaan. Salah satunya dengan melihat lebih jauh potensi yang bisa dimanfaatkan.

”Baik yang berkaitan dengan pertanian, baik yang berkaitan dengan wisata desa, baik yang berkaitan dengan industri yang ada di desa. Jangan semuanya dilakukan secara top down, tetapi diberikan ruang partisipasi. Ruang kreasi warga desa untuk mengembangkan potensi lokalnya,” katanya. (dni)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.