ALFI Apresiasi Komitmen Kementerian dan Lembaga terhadap NLE

indopos.co.id – Presiden Joko Widodo telah menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional/National Logistic Ecosystem (NLE).

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan Hanafi, mengatakan sejak awal asosiasinya aktif terlibat mendukung NLE yang diluncurkan Pemerintah Republik Indonesia.

Baca Juga :

“Program tersebut bisa mengatasi berbagai tantangan ke depan di bidang logistik. NLE merupakan hasil kerja sama besar antara Kementerian dan Lembaga (K/L) serta dunia usaha,” ujarnya dalam keterangan persnya, di Jakarta, Jumat (25/9/2020).

NLE adalah sistem kolaborasi yang mengharmonisasikan agar prosedur ekspor impor logistik dapat berjalan lebih efisien. NLE juga merupakan ekosistem logistik yang menyelaraskan arus lalu lintas barang/flow of goods dengan dokumen internasional/flow of documents. Sejak kedatangan sarana pengangkut (kapal/pesawat) hingga barang keluar dari pelabuhan dan tiba di gudang.

Sebelumnya, dalam jumpa pers bersama secara virtual soal NLE yang digelar Kamis (4/9/2020), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan mendukung penataan NLE yang diatur dalam Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2020.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, dukungan tersebut dilaksanakan melalui konektivitas dan aksesibilitas antar kawasan. Dengan mengintegrasikan insfrastruktur dengan simpul transportasi.

Dukungan penuh terhadap implementasi Inpres 5/2020 juga disampaikan Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto. Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendukung penataan NLE dalam meningkatkan kinerja logistik nasional untuk memperbaiki iklim investasi dan meningkatkan daya saing perekonomian Indonesia.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebutkan Sistem NLE ini memungkinkan seluruh proses logistik dapat terintegrasi melalui satu jaringan.

Terkait itu, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan menyatakan, eksekusi pelaksanaan NLE ini sangat penting. “Stakeholders harus duduk bersama dan monitoring NLE juga agar dilakukan simultan,” ujarnya.(mdo)

 

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.