Potensi Tsunami, MPR Minta Pemda Giatkan Mitigasi 

indopos.co.id – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan adanya prediksi tentang potensi tsunami di pantai selatan Jawa, pihaknya mendorong semua pemerintah daerah bersama warga setempat di wilayah itu untuk terus meningkatkan kewaspadaan.
Baca Juga :

Gempa Jayapura Tak Berpotensi Tsunami

“Saya mengapresiasi inisiatif simulasi penanggulangan bencana tsunami  yang telah dilakukan Pemda dan BPBD Jawa Timur pada sembilan kota-kabupaten di wilayah jalur Pantai Selatan Jawa,’’ ujarnya dalam keterangan persnya, Senin (28/9/20).
Bamsoet mengingatkan, informasi tentang potensi tsunami setinggi 20 meter karena gerak simultan dua segmen lempeng bumi di zona megathrust selatan Jawa telah mendapatkan publikasi yang luas.
Walaupun dari aspek waktu peristiwa tsunami itu belum bisa diketahui. Pemda dan masyarakat setempat harus terus meningkatkan kewaspadaan.
“Ada sembilan kabupaten-kota di jalur Pantai Selatan yang berpotensi terdampak manakala peristiwa tsunami itu terjadi. Bahkan, sedikitnya 156 desa di wilayah Banyuwangi, Pacitan dan Trenggalek perlu mendapat perhatian khusus karena besarnya potensi ancaman tsunami tersebut,” kata Bamsoet.
Sebelumnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan potensi tsunami bisa terjadi di banyak wilayah Indonesia, di sepanjang jalur pertemuan lempeng yang terdapat potensi sumber gempa di dalam laut.
Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono pada Jumat (25/9/2020) mangatakan ancaman tsunami tidak hanya di selatan Jawa.
“Di sepanjang jalur pertemuan lempeng, di mana itu ada sumber gempa dan itu di laut sumber gempanya dengan magnitude besar, ya itu bisa berpotensi tsunami,” pungkasnya. (dai)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.