Alexa Metrics

Ngarai Tercantik di Dunia

Ngarai Tercantik di Dunia

indopos.co.id – Ngarai adalah salah satu keajaiban alam yang diukir selama ribuan tahun oleh sungai yang mengalir deras. Sebagian besar ngarai terbentuk melalui proses erosi dalam waktu lama dari dataran tinggi.

Tebing terbentuk karena batuan keras yang tahan terhadap erosi dan pelapukan, tetap terpapar di dinding lembah. Ngarai menawarkan beberapa pemandangan paling dramatis di bumi, bahkan tata surya. Tidak hanya karena ukuran yang besar, tetapi juga karena keindahannya. Berikut ngarai paling cantik dan spektakuler di dunia.

Ngarai Tercantik di Dunia

1. Grand Canyon, Arizona

Ketika berbicara tentang ngarai atau canyon, kebanyakan orang pasti akan teringat dengan Grand Canyon yang populer. Grand Canyon adalah ngarai dengan sisi curam yang diukir oleh Sungai Colorado di Arizona, Amerika Serikat. Saking populernya, Anda mungkin harus menunggu sampai 10 tahun untuk bisa menjelajahi Sungai Colorado.

Grand Canyon adalah salah satu ngarai terbesar di dunia, panjangnya mencapai 446 km, dan lebarnya hingga 29 km. Ngarai ini bahkan memiliki kedalaman lebih dari 1,8 km. Grand Canyon memiliki lanskap yang rumit dan gradasi warna yang berbeda. Ngarai ini bahkan dianggap sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Alam Dunia.

Ngarai Tercantik di Dunia

2.Fish River Canyon, Namibia

Ketika para petualang mencari lokasi yang dramatis, mereka tentau akan datang ke tempat-tempat seperti Fish River Canyon di Namibia. Fish River Canyon, yang terletak di selatan Namibia ini, adalah ngarai terbesar kedua di dunia dan terbesar di Afrika, serta merupakan objek wisata kedua yang paling banyak dikunjungi di Namibia.

Jurang raksasa ini memiliki total panjang sekitar 160 km, dan lebar hingga 27 km. Spektakuler, terpencil dan liar, suhu siang hari di ngarai ini bisa mencapai 40 derajat C. Di sinilah pelari ultra Ryan Sandes datang untuk memecahkan rekor jalur pendakian sepanjang 90 km dalam 6 jam 57 menit, yang biasanya membutuhkan waktu lima hari bagi pendaki.

Tetapi bagi Anda yang tidak terlalu suka mendaki, berwisata menggunakan mobil sambil berswafoto bisa menjadi pilihan. Fish River Canyon hanya memiliki sedikit aliran air karena bendungan.

Ngarai Tercantik di Dunia

3. Indus Gorge, Pakistan

Indus Gorge adalah ngarai terdalam di dunia. Sungai Indus, salah satu sungai besar di Asia, mengalir di ngarai ini. Sungai Indus melewati ngarai raksasa dengan kedalaman 4.500–5.200 meter di dekat massif Nanga Parbat, di mana alirannya melewati gunung Nagan Parbat, gunung tertinggi ke-9 di dunia yang tertutup gletser.

Pertemuan sungai Indus dan Zanskar di Ladakh, masing-masing dialiri dari gletser yang berbeda dan warna yang sedikit berbeda. Ngarai ini adalah salah satu tempat populer di jalur pendakian yang wajib Anda lihat dengan mata kepala sendiri. Indus Gorge semakin menakjubkan dengan puncak-puncak megah yang mengelilinginya.

Ngarai Tercantik di Dunia

4. Verdon Gorge, Prancis

Verdon Gorge (Ngarai Verdon) di Prancis tenggara dianggap sebagai salah satu ngarai terindah di Eropa. Ngarai ini merupakan keajaiban geologi yang menakjubkan. Panjangnya mencapai 25 km dengan kedalaman hingga 700 m dan dibentuk oleh Sungai Verdon.

Ngarai ini sangat populer di kalangan wisatawan, yang dapat berkeliling di tepiannya atau mendaki. Dengan dinding batu kapur vertikal setinggi 400 m, ngarai ini telah menarik minat para pendaki selama beberapa dekade.

Sungai Verdon, yang dinamai berdasarkan warna hijau zamrudnya yang menakjubkan, adalah salah satu fitur ngarai yang paling indah. Kawasan ini menjadi magnet bagi para pecinta olahraga air  seperti arung jeram, kayak, layar, dan ski air.

Ngarai Tercantik di Dunia

5. Antelope Canyon, Arizona

Dengan lekukan anggun di bebatuan berwarna oranye dan ungu yang bersinar, Antelope Canyon adalah salah satu ngarai celah batu pasir yang paling banyak dikunjungi dan paling banyak difoto di dunia.

Ngarai ini dibentuk oleh erosi dari Batupasir Navajo dan oleh banjir bandang, juga melalui proses sub-aerial lainnya. Air hujan, terutama saat musim hujan, mengalir ke cekungan luas di bagian atas celah ngarai. Bersama dengan pasir, air tersebut mengalir ke lorong-lorong sempit.

Seiring berjalannya waktu, lorong-lorong itu terkikis, membuat koridor yang semakin dalam dan menghaluskan tepi yang keras dengan sedemikian rupa, sehingga membentuk karakteristik bentuk seperti aliran di batu.

Anterlope Canyon memiliki dua ngarai fotogenik terpisah, Antelop Atas dan Bawah. Jarak antara kedua ngarai ini cukup sempit, sehingga Anda bisa menyentuh kedua sisi ngarai hanya dengan mengulurkan tangan. Meskipun indah, ngarai ini bisa cukup berbahaya. Pada 1997 banjir bandang melanda Antelope Bawah dan menewaskan 11 wisatawan.

Ngarai Tercantik di Dunia

6. Kali Gandaki Gorge, Nepal

Kali Gandaki Gorge atau dikenal dengan nama Andha Galchi terletak di Himalaya di Nepal. Kedalaman ngarai ini sulit untuk ditentukan karena adanya ketidaksepakatan atas ketinggian tepi. Tetapi menurut beberapa penelitian, Kali Gandaki adalah ngarai terdalam di dunia dengan kedalaman mencapai 6.000 meter.

Ngarai ini memisahkan puncak-puncak utama Dhaulagiri (8.167 meter) di barat dan Annapurna (8.091 meter) di timur. Kali Gandaki Gorge telah digunakan sebagai jalur perdagangan antara India dan Tibet selama berabad-abad. Saat ini, ngarai ini adalah bagian dari rute trekking yang populer dari Pokhara ke Muktinath, bagian dari Sirkuit Annapurna. (fay)



Apa Pendapatmu?