Pengamat Apresiasi Bawaslu yang Mulai Tunjukkan Ketegasannya

indopos.co.id – Pengamat Pemilu mengapresiasi langkah Bawaslu (Badan Pengawas Pemilihan Umum) di berbagai daerah yang telah menunjukkan ketegasannya dalam menindak peserta pilkada (pemilihan kepala daerah) pelanggar protokol kesehatan di masa kampanye.

Direktur Eksekutif Sindikasi Pemilu dan Demokrasi August Mellaz yang mengatakan, setiap tindakan tegas yang dilakukan oleh Bawaslu terhadap sejumlah pelanggaran yang dilakukan oleh paslon (pasangan calon) maupun tim sukses perlu lebih intensif dipublikasikan kepada masyarakat luas termasuk kontestan pilkada.

“Berbagai contoh ketegasan yang telah dilakukan oleh Bawaslu di berbagai tempat perlu diketahui oleh publik dan pasangan calon dalam pilkada,” ujar August, kepada media, Sabtu (10/10/2020).

Sehingga, menurutnya, publik dapat berperan untuk lebih mendukung tindakan-tindakan yang telah diambil Bawaslu, misalnya semakin intensif mengawasi terhadap praktik-praktik yang dapat diduga merupakan pelanggaran oleh peserta pilkada.

Baca Juga :

“Demikian juga dengan pasangan calon, saat ini sudah ada instrumen hukum dan lembaga pelaksana yang dapat menjerat pelanggaran-pelanggaran terhadap protokol kesehatan di masa kampanye pilkada,” jelasnya.

Dengan adanya penerapan sanksi tegas dari Bawaslu, August berharap dapat memunculkan kesadaran peserta pilkada untuk tidak melanggar aturan protokol kesehatan pada setiap kampanye.

Baca Juga :

Pelanggaran Prokes Pilkada Meroket

Selain itu, dia juga menyampaikan, hal tersebut dapat mengubah orientasi lebih lanjut bagi peserta pilkada untuk semakin meningkatkan berbagai kreativitas dan inovasi yang secara khusus ditujukan untuk merumuskan program-program politik dan kebijakan yang nantinya akan ditawarkan kepada pemilih.

“Kesadaran peserta pilkada terhadap penerapan protokol kesehatan dan orientasi pilkada pada program-program diharapkan dapat semakin membuka ruang bagi pemilih untuk menilai, mengevaluasi dan menjatuhkan pilihannya,” pungkasnya.(rmn)

 

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.