Alexa Metrics

Puas Main Air di Pinggir Sawah

Puas Main Air di Pinggir Sawah Objek wisata Watergong memiliki pesona karena banyaknya ikan di sungai areal persawahan Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. (Foto: Instagram #wisataklaten)

indopos.co.id – Kalau terkesima dengan sungai jernih di Jepang yang dipenuhi ikan koi, anda perlu datang ke objek wisata Watergong di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Dijamin, anda bakal terkesima dengan ribuan ikan yang berkeliaran di air yang jernih. Instagramable banget.

Berlokasi di areal persawahan, sungai sepanjang 100 meter dengan lebar lima meter, menjadi objek wisata bagi warga sekitar Klaten. Pengelola Watergong Bagong Margono menjelaskan, sungai tersebut bukan tiba-tiba bening dan banyak ikan.

Puas Main Air di Pinggir Sawah
(Foto: Instagram #wisataklaten)

Awalnya, sungai tersebut sangat kotor dan penuh sampah. Karena rasa cinta terhadap lingkungan sekitar, dia pun lantas membersihkan sungai itu secara rutin sampai bersih. Pembersihan sungai pun tidak secara instan, membutuhkan waktu bertahuntahun untuk bisa menjadi tempat seperti sekarang.

Setelah sungai bersih, Bagong mulai menaburkan satu ton bibit ikan nila sejak dua tahun lalu. Kondisi sungai yang bersih mampu menarik perhatian banyak orang. Kemudian ditambah ikan koi. Kini jumlahnya mencapai dua ribu ekor dan banyak yang dijual kepada para pengunjung Sungai Watergong.

Sementara untuk ikan nila, ada yang dijual dan juga untuk disajikan di restoran Watergong. Tentang arti Watergong, dia mengaku terinspirasi dengan nama ‘Lepen Kencono’. Lepen berarti sungai dan Kencono itu emas, jadi sungai emas.

Puas Main Air di Pinggir Sawah
(Foto: Instagram #wisataklaten)

Namun karena anak-anak kecil saat sore banyak yang mandi, mereka menyebut sungai itu dengan nama Waterboom Kakek Bagong dan kemudian disingkat jadi Watergong. Melihat antusiasme warga yang ramai, tempat itu akhirnya dijadikan tempat wisata. Belum puas bermain air di Watergong, anda wajib mendatangi objek wisata tidak jauh dari sana.

Jarak tempuh dari Watergong menuju Umbul Ponggok adalah 1,6 kilometer atau sekitar tiga menit menggunakan motor. Lokasi bernama Umbul Ponggok itu tidak kalah seru dan mengasyikan. Keunikannya ada di dasar kolam renang Umbul Ponggok. Pengelola menaruh pasir, karang, hingga berbagai jenis ikan. Airnya berasal langsung dari mata air dan terus mengalir.

Sehingga wisatawan tidak akan mencium bau amis. Wisatawan yag datang bisa masuk ke dalam kolam untuk berswafoto di sejumlah spot foto menarik. Beberapa properti foto di dalam air pun disediakan oleh pengelola seperti motor klasik C70, sepeda onthel, meja makan, kursi santai, televisi, hingga laptop. (dew)



Apa Pendapatmu?