Dampak Pandemi, UMKM Harus Berjuang Ekstra Keras dan Kreatif

indopos.co.id – Dampak pandemi COVID-19 telah berimbas ke segala sektor kehidupan masyarakat, terutama di sektor ekonomi. Di sini, yang paling merasakan dampaknya itu para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

Oleh karena itu, sektor UMKM harus berjuang ekstra keras dan kreatif agar dapat bertahan di masa penuh ketidakpastian ini. Adapun salah satu UMKM yang berkontribusi besar di sektor ekonomi kreatif adalah fesyen.

Baca Juga :

Hingga akhir tahun 2019, industri busana dan tekstil (fesyen) turut andil menyumbang 18 persen dari pendapatan negara. Proyeksi kontraksi ekonomi kreatif ini diperkirakan mulai terlihat dari pertumbuhan pada kuartal I/2020.

Menyikapi hal itu, Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM) bekerja sama dengan Shopee, mengadakan event yang bertujuan meningkatkan penjualan para produsen, pengusaha, dan penjual produk fesyen di Indonesia. Tercatat sebanyak 100 UMKM sub sektor fesyen ikut ambil bagian dalam acara ini.

Baca Juga :

Inilah Para Pahlawan Digital UMKM 2020

“Lewat acara ini Kemenkop berkomitmen untuk membantu UMKM, khususnya di bidang fesyen, agar bangkit kembali di tengah kendala seperti saat ini,” ujar Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop UKM Victoria br. Simanungkalit kepada INDOPOS melalui keterangan tertulis, Selasa (13/10/2020).

Dalam hal ini, Kemenkop dan UKM yakin fesyen lokal sangat berpotensi menjadi penggerak perekonomian nasional.

Baca Juga :

Adapun acara yang diberi titel Adiwarna Nusantara ini, merupakan event Festival Belanja Online yang akan digelar mulai 19 Oktober sampai dengan 9 November 2020.

Selain akan menjadi ajang belanja daring (online), acara Festival Belanja Online Kemenkop ini juga mengangkat berbagai macam sesi live streaming berupa NGOBROL bersama narasumber yang terdiri dari pakar, dan pelaku UMKM fesyen.

“Untuk menambah maraknya acara, pada Festival Belanja Online Adiwarna Nusantara akan digelar juga sesi live streaming NGOBRAL, yang menjadi momen belanja dengan potongan harga atau gratis ongkir,” katanya.

Pada acara ini, para pengunjung dapat mengikuti Live Streaming Festival Belanja Online Adiwarna Nusantara yang akan hadir selama empat hari, yakni tanggal 22-25 Oktober 2020.(dai)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.