Alexa Metrics

12 Ribu Personel Gabungan Amankan Demo Tolak Omnibus Law

12 Ribu Personel Gabungan Amankan Demo Tolak Omnibus Law Peserta Aksi demo menolak Omnibus Law mulai berdatangan. Foto: Purwoko/INDOPOS

indopos.co.id – Pengamanan disiapkan untuk mengawal aksi menolak omnibus law UU Cipta Kerja, yang dilaksanakan Aliansi Nasional Anti Komunis (ANAK) NKRI, yang salah satunya terdiri atas PA 212. Setidaknya, ada 12 ribu personel terdiri dari Polri (Kepolisian Republik Indonesia), TNI (Tentara Nasional Indonesia) dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang disiagakan.

“Pasukan 12 ribu pengamanan terdiri dari Polri, TNI dan Pemprov. Tapi masih ada kita siapkan ada yang standby. Itu pusatnya di sekitaran Monas ya,” ujar Kepala Bidang Humas Polda (Kepolisian Daerah) Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus, Selasa (13/10/2020).

Yusri mengatakan, peserta aksi diperkirakan mencapai 1.000 orang. Dia memastikan para personel keamanan telah siap mengamankan demonstrasi hari ini. “Kalau pemberitahuannya 1.000 (orang) tapi kita tunggu aja nanti siang hasilnya. Kita siap di mana-mana telah kita siapkan (personel pengamanan),” kata Yusri.

Lebih lanjut Yusri menambahkan, pihaknya mengedepankan pendekatan persuasif dan humanis dalam mengamankan unjuk rasa ini. Namun, polisi akan menindak tegas jika massa merusuh.

“Imbauan kita kepada pendemo untuk mentaati protokol kesehatan dan jangan membuat keributan yang bisa meresahkan masyarakat. Kami dari kepolisian bersikap persuasif dan humanis, tapi tegas. Siapapun yang akan bertindak kerusuhan, aparat tidak segan-segan menindak tegas,” jelas dia.

Seperti diketahui, ANAK NKRI, yang salah satunya terdiri atas PA 212, akan menggelar Aksi 1310 terkait penolakan UU Cipta Kerja. Ketum PA 212 Slamet Maarif menyebut aksi ini akan dihadiri ribuan orang. “Insya Allah ribuan,” ujar Slamet Maarif saat dimintai konfirmasi, Minggu (11/10/2020).

Diungkapkan Slamet, aksi ini nantinya akan dilakukan pada 13 Oktober 2020, dimulai pukul 13.00 WIB. Aksi disebut akan dilakukan di depan Istana Negara, dengan titik kumpul di Patung Kuda.(wok)



Apa Pendapatmu?