Alexa Metrics

Logistik Pilbup Nunukan segera Dilelang

Logistik Pilbup Nunukan segera Dilelang

indopos.co.id -Jelang pemungutan suara, KPU Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, telah melakukan pelelangan logistik, selain surat suara, untuk pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

”Kami sudah lelang enam item logistik Pilkada Nunukan, kecuali surat suara,” terang Ketua KPU Nunukan Rahman, Senin (12/10). Keenam item logistik tersebut adalah bilik suara, kotak suara, tinta, amplop dan kabel tip serta segel.

Pelelangan logistik pemilihan bupati (pilbup) itu dilakukan secara nasional sehingga KPU Nunukan hanya mengirim daftar data logistik kepada KPU Kalimantan Utara (Kaltara) yang diteruskan kepada KPU RI sesuai dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS).

Saat ini, jumlah TPS di Kabupaten Nunukan sebanyak 537 lokasi. Rahman juga menjelaskan proses lelang logistik pilkada serentak ini menggunakan sistim e-katalog sesuai dengan tahapan-tahapannya. Namun, surat suara belum dilelang karena menunggu pleno daftar pemilih tetap (DPT).

Mengenai jumlah bilik suara sendiri, setiap TPS disediakan tiga buah dimana dua buah dalam TPS dan satu bilik suara diletakkan di luar. Bilik suara di luar TPS ini disediakan bagi pemilih yang bersuhu badan di atas 37,3 derajat celcius.

”Pemilih yang memiliki suhu badan di atas 37,3 derajat celcius karena tidak dibenarkan masuk di TPS nantinya. Jadi diberikan tempat menggunakan hak suaranya pada bilik suara yang dipasang di luar TPS nantinya,” terang Rahman juga.

Ia menambahkan, sehubungan Kabupaten Nunukan juga menggelar Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltara maka jumlah bilik suara setiap TPS berjumlah enam buah.
”Pemenang lelangnya ditentukan oleh (KPU) pusat dan KPU Nunukan hanya membayar saja,” bebernya juga.

Untuk jumlah bilik suara pada Pilbup Nunukan sebanyak 1.611 buah dari 537 TPS yang tersebar pada 21 kecamatan. Rahman juga menginformasikan, bilik suara untuk Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Nunukan disediakan oleh KPU Nunukan. Sedangkan bilik suara untuk Pilgub Kaltara disediakan sendiri oleh KPU Kaltara.

”Jadi bilik suara masing-masing disediakan sendiri. Untuk pilbup oleh KPU Nunukan dan pilgub oleh KPU Kaltara,” cetusnya. (ant)



Apa Pendapatmu?