Alexa Metrics

Empat Hari Lagi KPU Depok Umumkan DPT

Empat Hari Lagi KPU Depok Umumkan DPT

indopos.co.id – Enam hari lagi, KPU Depok akan mengumumkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT). Lantaran daftar pemilih sementara (DPS) hasil perbaikan belum selesai diuji publik ke masyarakat.

Ketua KPU Depok, Nana Sobarna mengatakan, penetapan DPT itu akan dilakukan jajarannya Jumat (16/10). Pemilihan jadwal penetapan DPT itu dilakukan setelah hasil DPS yang diverifikasi itu diuji dan diumumkan ke publik.

Sebab, persyaratan terhadap penetapan DPT itu harus mengikuti proses pengujian DPS usai diperbaiki. ”DPT tersebut akan dijadikan sebagai dasar untuk penyelenggaraan Pilkada Depok. Setelah itu baru kami lakukan pengadaan logistik dan yang lain,” katanya, Minggu (11/10).

Diakui Nana, saat ini jajarannya sedang melakukan rekapitulasi DPS sementara hasil perbaikan di tingkat kelurahan. Alasannya perbaikan itu karena banyaknya pemilih pemula yang telah memiliki elektronik KTP yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok.

”PPS tingkat kelurahan sedang melakukan rekapitulasi DPS hasil perbaikan. Selanjutnya akan direkap di kecamatan, baru kami umumkan. Itu tadi banyak yang baru dapat e-KTP,” paparnya.

Nana pun menegaskan, warga yang namanya belum terdaftar di DPT dipastikan hak pilihnya tidak akan hilang. Sebab KPU Kota Depok akan tetap menggunakan hak pilihnya dengan menggunakan KTP elektronik yang dimiliki. Artinya, warga akan dapat mendatangi TPS yang ada di wilayah mereka masing-masing.

Data KPU Depok menyebutkan, jumlah DPS mencapai 1.230.341 pemilih dan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) mencapai 4.015 unit. Diperkirakan dari jumlah DPS itu terdapat kenaikan DPT mencapai 4 persen.

Pengamat Politik UI, Aditya Perdana mengatakan seharusnya penetapan DPT telah dilakukan KPU Depok. Apalagi, verifikasi DPS itu telah berjalan selama satu bulan lebih. Artinya, keterlambatan penetapan DPT itu akan membuat kegaduhan di tengah masyarakat. (cok)



Apa Pendapatmu?