Sembuh dari Corona, Paslon Independen Ikuti Pilbup Malang

indopos.co.id – Usai dinyatakan sembuh dari COVID-19, akhirnya KPU Kabupaten Malang menetapkan pasangan calon (paslon) ketiga dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) Malang. Pasangan itu berasal dari jalur perseorangan, Heri Cahyono-Gunadi Handoko.

Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Malang Marhaendra Pramudya Mahardika mengatakan bahwa pasangan dari jalur perseorangan tersebut telah memenuhi syarat lengkap.

”Pasangan Heri Cahyono-Gunadi Handoko sudah ditetapkan sebagai pasangan calon. Semua persyaratan lengkap,” kata Mahardika, di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa.

Heri Cahyono, dan Gunadi Handoko dinyatakan lolos verifikasi faktual dukungan perbaikan oleh KPU Kabupaten Malang pada pertengahan September 2020. Bakal pasangan calon (bapaslon) itu memiliki dukungan sebanyak 138.817 KTP, lebih dari angka minimal yang ditentukan sebanyak 129.796 dukungan.

Lantas saat tahapan tes kesehatan di RSUD Saiful Anwar Malang untuk pasangan tersebut sempat ditunda. Lantaran salah satu bapaslon dinyatakan positif COVID-19 usai melakukan tes usap di salah satu rumah sakit rujukan di Kota Malang.

Namun, pada akhirnya Heri Cahyono, dan Gunadi Handoko telah menjalani tes kesehatan, dan tahapan lainnya, sebelum ditetapkan sebagai pasangan calon oleh KPU Kabupaten Malang.

Mahardika menambahkan, usai ditetapkan oleh KPU Kabupaten Malang, maka tahapan selanjutnya yang akan dilakukan oleh pasangan calon perseorangan itu mengikuti pengundian, dan penetapan nomor urut pasangan yang biasa dikenal sebagai Malang Jejeg tersebut.

”Besok, Rabu (14/10), pengundian, dan penetapan nomor urut untuk pasangan calon Heri-Gunadi,” ujar Mahardika lagi.

Sementara itu, Ketua Tim Kerja Malang Jejeg Soetopo Dewangga mengatakan bahwa pada saat penetapan Heri Cahyono-Gunadi Handoko, keduanya tidak hadir di KPU Kabupaten Malang.

”Pasangan calon akan hadir saat pengambilan nomor urut bersama LO. Untuk penetapan paslon tidak perlu hadir, cukup diwakilkan LO saja,” ujar Soetopo.

KPU Kabupaten Malang sebelumnya telah menetapkan dua pasangan calon, yakni pasangan nomor urut satu Sanusi, dan Didik Gatot Subroto, dan pasangan nomor urut dua Lathifah Shohib, dan Didik Budi Muljono.

Sanusi dan Didik Gatot Subroto merupakan pasangan petahana yang diusung oleh enam partai politik. Enam partai politik itu adalah PDIP Perjuangan, Partai NasDem, Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Gerindra, dan PPP.

Sementara Lathifah Shohib dan Didik Budi Muljono, diusung oleh dua partai yakni PKB dan Partai Hanura.

Dengan ditetapkannya pasangan dari jalur perseorangan Heri Cahyono, dan Gunadi Handoko tersebut maka Pilkada Malang 2020 akan diikuti oleh tiga pasangan calon, masing-masing Sanusi-Didik, Lathifah-Didik, dan Heri-Gunadi. (ant)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.