Alexa Metrics

Positif COVID-19, CR7 Konsisten Dukung Koleganya dari Balkon Karantina

Positif COVID-19, CR7 Konsisten Dukung Koleganya dari Balkon Karantina

indopos.co.id – Tidak hanya pemain belakang lawan, virus Corona akhirnya juga ikut menghentikan ambisi superstar sepak bola dunia asal Portugal, Cristiano Ronaldo, untuk mengikuti sejumlah agenda pertandingan, baik bersama tim nasional maupun bersama klubnya Juventus.

FPF atau Federasao Portuguesa de Futebol atau Federasi Sepak Bola Portugal, Selasa malam (13/10), mengumumkan bahwa sang superstar positif Covid-19. Begitu dinyatakan positif, CR7 langsung diisolasi di sebuah balkon khusus di Oeiras. Oeiras adalah markas besar timnas Portugal yang berjarak sekitar 16 km ke arah barat Kota Lisbon.

Karena positif, CR7 harus melewatkan setidaknya tiga pertandingan. Yang pertama tentu saja pertandingan melawan Swedia di ajang UEFA Nations League 2020-2021 Kamis (15/10) dini hari WIB. Kedua, sesuai protokoler kesehatan yang berlaku di Italia, Ronaldo harus mengarantina diri selama 10 hari. Dengan demikian, karantina baru selesai pada 23 Oktober. Dengan kata lain, CR7 harus absen dalam pertandingan Serie A melawan Crotone pada Minggu (18/10). Ketiga,  pertandingan melawan raksasa sepak bola Rusia di pentas Liga Champions  pada Rabu 21 Oktober dini hari. Duel melawan Barcelona di pentas Liga Champions pada 28 Oktober tampaknya akan menjadi momentum restart CR7pasca-karantina mandiri di Oeiras.

‘’Akan lebih baik kami bermain dengan pemain terbaik dunia. Tetapi tim kami sudah menunjukkan kolektivitas dengan baik. Saya tetap percaya dengan para pemain saya,’’ ucap pelatih tim nasional Portugal Fernando Santos di Lisbon, Rabu (14/10).

Meski mengarantina diri, Ronaldo kemarin malahan masih sempat memberikan semangat dari arah balkon karantina kepada rekan-rekannya di lapangan. Ia mengacungkan jempol dan berteriak agar teman-temannya tetap bersemangat berlatih.

Pemenang Ballon d’Or lima kali bermain untuk Portugal melawan Prancis di Nations League dan Spanyol dalam pertandingan persahabatan internasional pekan lalu. Selama pertandingan melawan Prancis pada Minggu malam, misalnya, Ronaldo terlihat berjabat tangan dan dengan sejumlah bintang top termasuk Kylian Mbappe dari PSG dan eks rekannya di Real Madrid Rafael Varane.

Ronaldo bermain 90 menit penuh di Stade de France Saint Dennis Paris. Ada kekhawatiran rekan setim internasionalnya terinfeksi setelah Ronaldo berfoto dengan mereka hanya beberapa jam sebelum berita itu diumumkan. Mantan pemain Manchester United dan Real Madrid itu tersenyum di kala selfie saat makan malam bersama Selesao de Portuguesa atau tim nasional Portugal. A Bola terbitan Lisbon melaporkan, FPF terus melakukan tes kepada anggota Selesao de Portuguesa yang lain setiap tiga jam sekali. Hingga berita ini diturunkan, hasil tesnya negatif.

Skuad Prancis juga dinyatakan negatif, tetapi infeksi baru dapat memakan waktu beberapa hari untuk dideteksi. Dengan demikian,  dunia menunggu perkembangan terbaru hasi tes itu.  Tes positif Ronaldo datang tak lama setelah dua rekan setimnya di Portugal juga dinyatakan positif Covid-19. Sebelumnya di jeda internasional, Anthony Lopes dan Jose Fonte terjangkit virus. Keduanya juga akhirnya dikarantina.

Beberapa menit setelah pengumuman FPF, pacar Ronaldo, Georgina Rodriguez, memosting gambar ke Instagram yang tampaknya menunjukkan superstar Portugal itu dengan semangat tinggi selama panggilan FaceTime dengannya. Di samping jepretan itu, Georgina menulis ‘Kau inspirasiku @Cristiano.’

Ronaldo memang nekat meninggalkan markas isolasi Juventus di Hotel J untuk bergabung dengan Selesao de Portuguesa di Lisbon. Karantina itu dilakukan setelah

dua anggota staf Juventus positif virus maut asal Wuhan Tiongkok, tetapi Ronaldo bersama enam pemain lainnya diizinkan meninggalkan grup isolasi dan bergabung dengan tim nasional mereka masing-masing.

Otoritas kesehatan Italia telah mengisyaratkan bahwa kepergian para pemain tersebut merupakan pelanggaran protokol kesehatan. Jaksa penuntut di Italia sedang menangani kasus pelanggaran itu. (*)



Apa Pendapatmu?