Alexa Metrics

Kepercayaan Investor ke Indonesia Cukup Tinggi

Kepercayaan Investor ke Indonesia Cukup Tinggi Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Perumusan Kebijakan Fiskal dan Makro Ekonomi Masyita Crystallin

indopos.co.id – Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Perumusan Kebijakan Fiskal dan Makro Ekonomi Masyita Crystallin mengatakan kebijakan pemerintah dalam memulihkan perekonomian akibat dampak virus COVID-19 disambut positif investor global. Terbukti, kepercayaan investor kepada Indonesia masih dikategorikan cukup tinggi. Hal tersebut diungkapkannya saat diskusi Forum Merdeka Barat (FMB 9) bertajuk Investasi di Masa Pandemi, Selasa (13/10/2020).

“Kita bisa melihat bahwa investor global cukup percaya terhadap Indonesia yang bisa memulihkan perekonomian dengan pruden,” ujarnya.

Lebih lanjut Masyita mengatakan, investor beranggapan kebijakan perekonomian dan kesehatan yang diambil pemerintah Indonesia tepat dalam konteks penanganan COVID-19. Alhasil, pertumbuhan perekonomian Indonesia selama tahun 2020 tidak mengalami kontraksi yang dalam, dibandingkan negara-negara lain di luar sana.

“Kita bandingkan dengan negara tetangga sebagai contoh di Kuartal kedua Malaysia mengalami kontraksi ekonomi tumbuh negatif sebesar 17 persen, Filipina tumbuh negatif sebesar 16,5 persen, dan India tumbuh negatif sebesar 23,9 persen artinya lebih baik,” tuturnya.

Sementara itu, Presiden Asosiasi Perencana Keuangan IARFC Aidil Akbar mengatakan pada masa Pandemi COVID-19, masyarakat dapat berinvestasi jangka pendek ke obligasi retail yang diterbitkan oleh pemerintah. Keunggulannya, memberikan jaminan rasa lebih aman dan keuntungan yang didapatkan secara finansial lebih tinggi dari program investasi lainnya.

“Inilah momentum untuk masyarakat Indonesia selain berinvestasi mendapatkan keuntungan yang relatif cukup bagus dan aman. Contohnya dari obligasi retail yang diterbitkan beberapa waktu lalu,” pungkasnya. (mdo)



Apa Pendapatmu?