Klaim JHT Kini Bisa Pakai Lapak Asik Onsite

indopos.co.id – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) mulai menerapkan layanan Lapak Asik Onsite. Layanan tersebut sebagai jawaban atas tantangan dari pembatasan sosial bersekala besar (PSBB) sehingga menuntut penerapan protokol kesehatan yang ketat di segala kegiatan.

”Sekarang BPJAMSOSTEK mengembangkan layanan Lapak Asik Onsite, layanan yang berbasis gadget online yang khusus melayani peserta yang datang ke kantor cabang untuk mengurus layanan JHT (Jaminan Hari Tua)” ungkap Kepala Kantor Cabang (Kakacab) BPJAMSOSTEK Jakarta Rawamangun Aland Lucy Patitty.

Menurut Lucy, sebelumnya pihaknya menerapkan Lapak Asik atau layanan tanpa kontak fisik, yaitu layanan berbasis online yang sudah diterapkan sejak awal-awal berlakunya PSBB di DKI Jakarta. ”Jadi sekarang BPJAMSOSTEK punya dua sistem yaitu Lapak Asik online dan Lapak Asik Onsite. Keunggulan lapak asik online yaitu peserta tidak perlu datang sama sekali ke kantor cabang BPJAMSOSTEK,” tuturnya.

Sedangkan dengan sistem Lapak Asik Onsite tersebut lebih menyempurnakan pengaturan antrean sehingga lebih menghindari kontak fisik di kantor cabang. ”Kalau dengan Lapak Asik Onsite ini pemanggilan dilakukan secara virtual, sehingga peserta bisa antre agak jauhan lagi tapi masih di sekitar kantor cabang,” ucap Lucy.

Berikut petunjuk penggunaan Lapak Asik Onsite: Persiapkan dokumen asli seperti KTP, kartu peserta BPJAMSOSTEK, surat keterangan berhenti bekerja atau paklaring, buku rekening, dan NPWP untuk saldo lebih dari Rp50 juta. Scan QR Code atau ketik link berikut :http://bpjs.tk/(kode unik). Aktifkan fitur GPS, izinkan/aktifkan fitur lokasi/GPS di smartphone/gadget Anda dan pastikan Anda berada di sekitar lokasi kantor cabang.

Isi data anda yang sebenarnya pada kolom yang tersedia. Upload setiap dokumen pada nomor 1 melalui smartphone/gadget Anda. Tunjukkan notifikasi pengajuan klaim kepada petugas untuk mendapatkan nomor panggilan. Anda akan dipanggil oleh petugas untuk verifikasi data secara virtual sesuai dengan nomor panggilan.(dni/mdo)

Baca Juga :

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.