Bamsoet: Terapkan Nilai-Nilai Pancasila dalam Semua Aspek

indopos.co.id-Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan sebagai sebuah ideologi, Pancasila hanya akan bermakna ketika kehadirannya dapat dirasakan dalam setiap denyut nadi dan tarikan nafas kehidupan masyarakat. Pancasila harus diwujudkan dalam bentuk tindakan nyata.
Baca Juga :
Hal itu agar tidak menjadi konsep yang hanya hidup di awang-awang. Atau hanya menjadi hapalan rumusan sila-sila di luar kepala.
Baca Juga :

Pembelajaran Pancasila Kini Butuh Role Model

“Membantu tetangga yang terdampak pandemi, itu Pancasila. Mensosialisasikan pola hidup bersih dan sehat di masa pandemi, itu Pancasila. Menyumbang pembangunan fasilitas kesehatan masyarakat, itu Pancasila,” ujarnya saat mengisi Webinar Aktualisasi Pancasila di Era Disrupsi 4.0 yang diselenggarakan Pengurus Daerah Wanita FKPPI Jawa Timur secara virtual di Jakarta, Sabtu, (17/10/20).
Baca Juga :

Anak Muda, Indonesia, dan Nilai Pancasila

Lebih lanjut Bamsoet mengatakan, Pancasila sesungguhnya dapat kita temukan kehadirannya dalam kehidupan keseharian. Cara terbaik mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila adalah dengan mengamalkannya.
“Karena wacana dan narasi tanpa realisasi, betapa pun banyaknya disuarakan hingga menjejali ruang publik, tidak akan bermakna nyata,” ujarnya.
Lebih lanjut Bamsoet mengatakan, modernitas memberi peluang dan kesempatan bagi kaum perempuan untuk duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan kaum pria.
Momentum ini dapat dioptimalkan kaum perempuan untuk berperan aktif sebagai subjek pembangunan. Patut disyukuri, berdasarkan data Badan Pusat Statistik, pada periode 2010 hingga 2019, indeks pembangunan manusia Indonesia dari perspektif gender terus menunjukkan tren positif.
Jika pada tahun 2018, Indeks Pembangunan Gender (IPG) berada di angka 90,99 (dari skala 0 – 100), maka pada tahun 2019, IPG Indonesia tercatat pada level 91,07.  Yang menunjukkan semakin menipisnya kesenjangan pembangunan antara laki-laki dan perempuan.
“Diyakini tren positif peningkatan IPG ini akan terus berlanjut seiring perkembangan kehidupan demokrasi dan peningkatan kedewasaan politik rakyat,” pungkasnya. (dai)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.