Antisipasi Bencana, Mendes PDTT Kirimi Surat ke Seluruh Kepala Desa

indopos.co.id – Antisipasi potensi bencana alam di Indonesia, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes PDTT) langsung berkirim surat ke kepala desa. Surat itu ditekankan untuk melalukan tindakan antisipasi potensi bencana alam.

“Tanggal 16 Oktober lalu, kita sudah ambil langkah taktis maupun strategis dengan mengirimi surat kepada kepala desa, para pendamping desa, tokoh desa,” kata Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar dalam konferensi pers dari Kemendes PDTT Jakarta, Senin (19/10/2020).

Baca Juga :

Menurutnya, datangnya Badai La Nina atau angin kencang bisa berakibat nencana banjir dan tanah longsor. “Kami meminta 0erkuat penahan banjir, perbarui tanda jalur evakuasi dengan padat tunai desa,” katanya.

Selain itu, kata Halim, salah satu cara langkah antisipasi adalah dengan mendata warga desa yang tinggal di lokasi rawan bencana. Tujuannya agar pemetaan antisipasi lebih jelas.

“ita juga minta kepada desa-desa untuk menyiagakan lokasi penanganan korban bencana di dekat daerah rawan bencana. Biar memudahkan penanganan,” jelasnya.

Selanjutnya, kata Halim, pihaknya berupaya mengingatkan bahwa apapun bencana alam yang diantisipasi agar tidak mengabaikan juga penanganan COVID-19. Salah satunya dengan mengutamakabln protokol kesehatan.

Baca Juga :

Komisi V DPR Puji SDGs Desa

“Segera laporkan kepada Badan Penaggulangan Bencana Daerah apabila terjadi bencana,” katanya. (dny)

 

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.