Lawan COVID-19, Sejumlah Paslon Pilkada Bagi-bagi Masker dan Hand Sanitizer

indopos.co.id – Pasangan calon (paslon) Raharto Teno Prasetyo-Hasjim Asjari (TEGAS) yang akan maju pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pasuruan menjadi salah satu kandidat yang mengajak masyarakat melawan COVID-19 pada kampanyenya.

Hal itu tampak saat paslon ini berkunjung ke Pasar Besar Kota Pasuruan untuk membagikan masker dan hand sanitizer ke pedagang dan pengunjung pasar. Dengan cara seperti ini, masyarakat tidak berebut masker sehingga tidak terjadi kerumunan massa pada prosesnya.

Baca Juga :

“Di sini saya ingin memastikan kedisiplinan masyarakat mengenakan masker. Dengan bagi-bagi masker diharapkan masyarakat dapat lebih terbiasa dan disiplin memakai masker,” ujar Teno kepada INDOPOS melalui keterangan tertulis, Selasa (20/10/2020).

Sementara, Koordinator Relawan Digital Provinsi Kepri Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Isdianto-Suryani (REDI INSANI) Rian Redi menyebutkan, pihaknya juga membagikan masker kepada masyarakat, namun yang bermotif batik.

Baca Juga :

“Ada 5 ribu masker yang didonasikan ke masyarakat. Kita sudah komitmen, selain mengampanyekan paslon, kita juga terus mengedukasi masyarakat tentang kewaspadaan terhadap COVID-19 dengan tetap memperhatikan protokoler kesehatan,” katanya.

Di tempat lain, paslon Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Deno Kamelus-Victor Madur (Deno-Madur) juga membagikan masker saat melaksanakan kampanye sebagai bentuk upaya mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Sementara, Calon Bupati Kabupaten Luwu Utara, Indah Putri Indriani (IDP) mengajak kaum milenial untuk melek politik. Selain itu, IDP juga mengajak milenial menjadi pelopor pilkada damai. Menurutnya, jika politik santun tertanam dalam benak dan pikiran milenial, ke depan setiap kontestasi politik bisa berlangsung damai dan harmonis.

Bahkan, Tim Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando (Appi-Rahman) telah melakukan tes swab gratis terhadap 1.000 orang lebih, membagikan setengah juta masker dan pembersih tangan (hand sanitizer), menyemprotkan cairan disinfektan dan fogging pemukiman di 153 kelurahan yang ada di Makassar.

Tak ketinggalan Partai Gerindra (Gerakan Indonesia Raya) Sumatera Barat (Sumbar) juga berkomitmen menaati permintaan kebutuhan masker tersebut. Selain adanya Perda AKB (adaptasi kebiasaan baru) di Sumbar, dengan menjanjikan bagi-bagi sejuta masker di Sumbar. Ini merupakan bagian dari kampanye Nasrul Abit-Indra Catri, paslon yang diusung Gerindra di Pilgub Sumbar.

Tak hanya itu, KPU Sulawesi Utara (Sulut) juga diharapkan memfokuskan debat calon kepala daerah dan wakil kepala daerah pada tema peran kepala daerah dalam penanganan COVID-19 dan dampak sosial ekonominya. Ini disampaikan Pjs. Gubernur Sulut, Agus Fatoni kepada KPUD Sulut beberapa waktu lalu.

Sementara, debat publik antar calon Wali Kota Samarinda yang berlangsung pada Minggu (18/10/2020) pukul 20.00 Wita di Crystal Grand Ballroom Hotel Mercure Samarinda lalu, para paslon berjanji dan komitmen atasi COVID-19.(mdo)

 

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.