Antisipasi Infeksi COVID-19, GT COVID-19 Kementerian ATR/BPN Lakukan Upaya Preventif

indopos.co.id –  Infeksi Covid-19 masih berlangsung hingga saat ini. Timbulnya klaster-klaster perkantoran menghiasi tajuk pikiran media massa. Mengantisipasi hal tersebut, Kementerian ATR/BPN melalui Gugus Tugas Covid-19 Kementerian ATR/BPN berupaya aktif melakukan upaya pencegahan infeksi Covid-19 pada jajaran pegawai Kementerian ATR/BPN.

“Kita sehari-hari bekerja pada ruangan tertutup, kami GT-Covid 19 Kementerian ATR/BPN melakukan berbagai upaya disinfeksi ruangan secara reguler, setiap weekend di seluruh ruangan pada unit kerja Kementerian ATR/BPN,” ujar Agustin I. Samosir, Ketua Gugus Tugas Covid 19 Kementerian ATR/BPN ditemui di ruang kerjanya di Jakarta, Kamis (22/10/2020)

Agustin Samosir juga mengungkapkan bahwa GT Covid-19 memberikan perhatian serius kepada pegawai yang melaporkan diri terindikasi terinfeksi Covid-19. “GT Covid-19 Kementerian akan mendampingi pegawai yang diharuskan uji swab dan juga isolasi mandiri. Isolasi mandiri dilakukan dengan bekerja sama dengan hotel yang telah terfasilitasi dengan rumah sakit,” tambah pria yang juga menjabat sebagai Kepala Biro Umum dan Layanan Pengadaan ini.

“Ketika mempunyai hasil tes swab positif Covid-19, bukan merupakan hal yang mudah dan tidak semua pegawai kita mempunyai fasilitas yang layak untuk melakukan isolasi mandiri. Oleh karenanya kami memiliki call center yang dapat dihubungi seluruh pegawai apabila keadaan yang tidak kita inginkan bersama itu terjadi, yaitu Goyandi (0813-8831-7723), Muhaimin (0821-1426-8835), Fadel (0811-9867-899) dan Klinik ATR/BPN (021) 7393939 Ext. 145,” ujarnya.

Baca Juga :

Kementan Kawal Percepatan Musim Tanam-1 2021

Selain upaya-upaya kuratif, GT-Covid terus melakukan upaya preventif melalui peningkatan imunitas diri yang merupakan hal utama untuk dilakukan pada masa pandemi Covid-19 ini. Maka untuk meningkatkannya, Kementerian ATR/BPN melalui GT Covid-19 juga membagikan paket penambah daya tahan tubuh untuk pegawai, seperti vitamin dan susu. “Selain paket tersebut, sesuai anjuran pemerintah untuk menggunakan masker dan menjaga kebersihan kami juga membagikan masker non medis dan juga hand sanitizer,” ungkapnya.

Seluruh pegawai Kementerian ATR/BPN harus dapat terlibat untuk memerangi Covid-19 dengan cara menjaga diri sendiri dengan melakukan 4M. Terutama bagi yang bekerja di kantor. Selalu lindungi diri dan orang lain di sekitar dengan menerapkan protokol kesehatan serta mengambil langkah pencegahan yang sesuai. “Virus ini harus dilawan dengan menjaga diri sendiri melalui 4M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Kementerian ATR/BPN melalui GT Covid-19 berupaya untuk memberikan fasilitas,” ujar pria yang menjabat sebagai Ketua GT Covid-19 Kementerian ATR/BPN sejak 14 September 2020 lalu.

Pada kesempatan tersebut, Agustin I. Samosir juga menjelaskan bahwa pada lingkup nasional, pencegahan dan protokol kegiatan selama masa pandemi Covid-19 juga dilaksanakan oleh masing-masing unit kerja dan disesuaikan dengan kondisi penyebaran Covid-19 pada masing-masing wilayah. Kementerian ATR/BPN, Kantor Wilayah BPN Provinsi dan Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota berpedoman pada SE No. 12 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Protokol Kegiatan pada Situasi Pandemi dan Dalam Rangka Tatanan Normal Baru di Lingkungan Kementerian ATR/BPN. (*)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.