Perusahaan BUMN ini Salurkan Bantuan Ribuan UMKM hingga September 2020

indopos.co.id – VP PR PT Kereta Api Indonesia (KAI) Joni Martinus mengatakan hingga September 2020, pihaknya telah menyalurkan bantuan kepada 2.438 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Mitra Binaan KAI yang tersebar di berbagai wilayah. 
UMKM tersebut meliputi 7 sektor yaitu sektor Industri, perdagangan, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan jasa.
“Pada 2020 ini, KAI memprogramkan dana yang tersalurkan adalah Rp9,4 miliar, naik 8 persen dibandingkan dengan tahun 2019 sebesar Rp8,7 miliar,” ujarnya dalam keterangan persnya Kamis (29/10/2020).
Selain memberikan pembiayaan modal usaha, KAI juga melakukan pembinaan dan pelatihan oleh pakar di bidang masing-masing. Pelatihan tersebut meliputi proses produksi, pengemasan produk, pemasaran, dan sebagainya.
“Di masa pandemi COVID-19, KAI melibatkan UMKM mitra binaan dengan memesan masker dan baju APD cover all dari mitra binaan yang berasal dari Bandung dan Yogyakarta,” jelas Joni.
Masker dan APD cover all tersebut selanjutnya diserahkan ke pihak terkait untuk didistribusikan kepada masyarakat dan sejumlah rumah sakit yang membutuhkan.  Di sektor makanan, seluruh mitra binaan KAI didorong untuk menjual secara online hasil produksinya untuk menyesuaikan dengan kondisi pada masa pandemi COVID-19.
“Harapannya UMKM yang KAI bina semakin yang berkembang usahanya. Dengan berputarnya roda ekonomi di sektor UMKM, dapat mendukung pemulihan peroknomian nasional,” pungkasnya. (dai)
Baca Juga :

Komisaris BUMN

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.