Genjot Pembangunan di Wilayah Perbatasan

indopos.co.id Garis batas negara di daerah yang berbatasan darat dengan negara tetangga, bukanlah semata-mata garis demarkasi. Melainkan juga sebagai titik singgung. Bahkan menjadi struktur kekuatan teritorial/nasional, dari negara yang berbatasan langsung tersebut.

Kabupaten Malinau sebagai daerah yang lima Kecamatannya berbatasan langsung dengan Malaysia. Saat ini Kabupaten Malinau sudah menjadi kebanggaan Indonesia di lintas utara Pasifik Raya.

Baca Juga :

“Posisi tersebut memiliki memiliki peran strategis dalam menjaga titik singgung, sehingga Indonesia mampu memperlihatkan wajahnya melalui sentuhan sentuhan yang dilakukan oleh pemerintahan daerah Kabupaten Malinau sebagai frontliner menjaga perbatasan di utara Indonesia,” ujar Bupati Malinau Yansen TP, dalam keterangannya, Kamis (29/10/2020).

Menurutnya, daerah yang mempunyai garis perbatasan panjang, harus mampu mengatasi persoalan-persoalan yang muncul. Hukum dilintas batas, narkoba , human trafiking dan lain-lain adalah satu paket problematika diperbatasan.

Yansen mengungkapkan paham betul dan bersungguh-sungguh selama ini menyatukan berbagai kekuatan baik satgas di perbatasan, team organik yang ada di Malinau dari Kecamatan hingga Desa dan seluruh masyarakat lokal.

“Begitupun berbagai kebijakan yang harus dilakukan secara cepat dan konstruktif dalam menjawab segala problematika yang terjadi mustahil wajah Indonesia yang ideal itu dapat di banggakan,” pungkasnya.(dai)

 

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.