Gelar Patroli Laut Gabungan, Bea Cukai di Sumatera Bersinergi dengan Poairud

indopos.co.id – Sebagai upaya meningkatkan pengawasan dalam mengamankan wilayah perairan, Bea Cukai di beberapa daerah Pulau Sumatera melaksanakan patroli laut gabungan bersama Sat Polairud.

Memasuki pekan keempat Oktober tahun 2020, beberapa Kantor Bea Cukai di wilayah Sumatera melaksanakan patroli laut bersama Sat Polairud setempat. Masing-masing diantaranya Kanwil Khusus Bea Cukai Kepulauan Riau (Kepri), Kanwil Bea Cukai Sumatera Bagian Barat (Sumbagbar), Bea Cukai Lampung, Bea Cukai Bengkalis, Bea Cukai Pekanbaru, Bea Cukai Jambi, hingga Bea Cukai Kuala Langsa.

Kanwil Khusus Bea Cukai Kepri, Selasa (20/10), melaksanakan kegiatan patroli laut berkoordinasi dengan Bea Cukai Tanjung Balai Karimun dan Sat Polairud Polres Karimun. Kepala Kanwil Bea Cukai Kepri, Agus Yulianto menjelaskan bahwa letak geografis Tanjung Balai Karimun yang dikelilingi oleh laut, memerlukan upaya lebih dalam pencegahan tindakan ilegal (penyelundupan). Dalam patroli laut kali ini, Bea Cukai Karimun dan Sat Polairud Polres Karimun melakukan pemeriksaan sarana pengangkut pada beberapa kapal yang sedang beroperasi. “Dalam pemeriksaan ini, tidak ditemukan adanya indikasi penyelundupan barang ilegal,” ungkap Agus.

Dari wilayah berbeda, Kanwil Bea Cukai Sumatera Bagian Barat (Sumbagbar), Bea Cukai Lampung dan Polairud Polda Lampung turut menyelenggarkan operasi patroli laut bersama mengingat masih tingginya tingkat penyelundupan barang melalui pesisir timur Sumatera. Patroli dilaksanakan menggunakan kapal BC30001 dari Pangkalan Sarana Operasi Bea Cukai Tanjung Balai Karimun, dengan menyasar beberapa komoditi seperti NPP, baby lobster, miras, rokok, ballpress, pasir timah, bawang, tekstil, handphone dan barang ilegal lainnya.

Kemudian, masih dalam upaya meningkatkan pengawasan pesisir timur Sumatera, Bea Cukai Bengkalis, pada Rabu (21/10) bersama Polairud Bengkalis dan Selatpanjang juga menggelar patroli gabungan. Menurut Kepala Kantor Bea Cukai Bengkalis, Ony Ipmawan, patroli ini merupakan pengawasan bersama dan upaya Bea Cukai Bengkalis serta penegak hukum dalam mengamankan perairan khususnya Bengkalis dan Kepulauan Meranti.

Bea Cukai Pekanbaru bersama Sat Polairud Resor Siak juga menyisir wilayah pesisir Timur Sumatera di sepanjang sungai Siak, perairan Tanjung Buton dan sekitarnya. Sedangkan, Bea Cukai Jambi bertugas mengawasi perairan di wilayah Kuala Tangkal, Tanjung Jabung Barat bersama Kasat Polairud Jambi.

Baca Juga :

Selain itu, dalam rangka memberantas penyelundupan narkoba dan barang-barang ilegal yang masuk dari jalur laut, Tim Patroli Bea Cukai Kuala Langsa bersama Polairud Polres Langsa juga menggelar patroli laut di daerah pengawasan Bea Cukai Kuala Langsa.

Sinergi yang telah berjalan baik ini diharapkan dapat terus dilakukan kedepannya dan memberikan dampak positif secara khusus bagi kedua pihak dan masyarakat secara umum dari masuknya barang-barang ilegal yang mengancam sektor industri dan kesehatan seperti pakaian bekas, rokok ilegal, miras ilegal, serta narkotika. Pengawasan yang semakin tegas diharapkan akan sejalan dengan menurunnya tingkat penyulundupan barang berbahaya. (adv)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.