Alexa Metrics

Hindari Kepadatan, Menhub Imbau Masyarakat Pulang Liburan Lebih Awal

Hindari Kepadatan, Menhub Imbau Masyarakat Pulang Liburan Lebih Awal Ilustrasi. Kendaraan melintasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

indopos.co.id – Puncak arus balik libur panjang diprediksi akan terjadi pada Minggu (1/11/2020). Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau masyarakat yang berpergian agar kembali lebih dini sebelum prediksi puncak arus balik.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, dalam periode libur panjang akhir pekan ini penggunaan transportasi umum akan melonjak dari periode sebelumnya. Budi Karya juga berharap, libur panjang ini bisa berlangsung dengan selamat, aman, nyaman, dan sehat dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Hal ini dilakukan guna mencegah agar tidak terjadi lonjakan kasus COVID-19 usai libur panjang. “Untuk itu jangan pulang bersama-sama 1 November, karena akan penuh sekali. Saya harapkan ada yang bisa pulang lebih awal,” imbaunya, Jumat (30/10/2020).

Menurutnya, di stasiun dan terminal telah menyediakan fasilitas seperti penyediaan tempat cuci tangan dengan air mengalir dan hand sanitizer. Serta pengaturan jarak tempat duduk, dan informasi terkait kewajiban memakai masker.

Budi berharap, dengan adanya fasilitas tersebut, dapat menambah kepercayaan masyarakat untuk menggunakan transportasi publik. ”Kami berkoordinasi dengan dishub dan polisi, untuk melakukan random check terhadap penerapan protokol pada transportasi masal maupun kendaraan pribadi. Kalau mobil pribadi dicek apakah mereka menggunakan masker atau tidak,” ujarnya. (dni)



Apa Pendapatmu?